Selamat siang dokter.
Saya mempunyai seorang anak berusia 14 bulan. Saat ini anak saya mengonsumsi 3 kali makanan padat yg komposisi nya terdiri atas lauk pauk (ikan salmon/ tuna, daging sapi, ayam, tahu, tempe, udang, kepiting) yang mana sejauh observasi & pengamatan saya sendiri disertai Spa yg memantaunya tidak ada masalah alergi dan sejenisnya. Anak saya juga mengonsumsi buah2an segar yang di jus ataupun saya olah menjadi milkshake satu kali dalam sehari. Saat ini anak masih minum asi dan sekali sehari konsumsi sufor. Yg jadi masalah adalah mengapa dengan komposisi makanan yg sudah saya konsultasikan dgn spesialis gizi di kota saya ini berat badan anak saya sulit sekali naik malah cenderung stagnan diberat 9 kg. pada awal kelahiran bb nya 2.8 kg namun saat masih asi eksklusif selama 6 bulan beratnya telah mencapai 8 kg. nah justru sekarang ini kenaikan bb nya hanya 100-200 gram malah bulan ini turun 200 gram pasca diare. Sebenarnya apakah benar dikarenakan tidak cukup gizi dan kalori. Tp saya tlah telaah konsumsi makanan hariannya nyaris mencapai 1500 kalori. Ini yg membuat saya pusing dokter. Selama ini anak saya aktif malah cenderung hiperaktif dan tidak bisa diam tenang. Dan satu hal yg membuat saya heran adalah tinggi badannya yang mencapai 82 cm itu dokter, dalam sebulan kenaikkan tinggi badannya pesat namun tidak dmikian dengan berat badannya.
Apakah ini berkaitan dengan kemampuan ususnya menyerap nutrisi kurang baik dokter?
Terimakasih banyak dan mohon maaf sbelumnya saya telah bertanya panjang lebar.

Jawaban Dokter :

TIdak bu. Anak setelah mencapai usia 1 tahun memang kenaikannya tidak secepat dulu lagi. 3 bulan pertama kehidupannya, anak memang bertumbuh cepat bu. kenaikan BBnya bisa sampai 1 kg/bulan, namun setelah itu turun menjadi 500-750 gram/bulan sampai usia 6 bulan. setelah itu semakin turun lagi. jadi saat anak mencapai usia 1 tahun memang kenaikan BBnya tidak akan cepat lagi bu. umumnya dalam 1 tahun akan naik 1-1,5kg.Â
Bila post diare, BB anak normal saja bila turun.
usia ini 9 kg masih termasuk normal bu. bila tumbuh tinggi badannya baik, artinya anak bertumbuh baik.
Anak usia ini juga memang tidak bisa diam bu. Belum tentu anak mengalami hiperaktif, memang fasenya sedang meng-eksplorasi lingkungannya.