Selamat pagi dok,
Sya mau tanya kmrn saat USG dokter bilang sudah banyak tinja di usus dan kta dokter bayi sya sudah tua, usia kandungan skrg 38 W
Apakah bahaya dok jika janin sudah mengeluarkan tinja di dalam kandungan dan tindakan apa yg seharusnya dilakukan, karna smpe skrg sya belum merasakan kontraksi / mules, dokter cuma menyarankan sya u/ tetap menunggu smpe HPL tgl 20 april sedangkan kta dokter juga air ketuban sya sudah mulai berkurang.
Apakah sya tetap bisa melahirkan normal dok karna sejauh ini tidak ada indikasi u/ cesar.
Mohon jawaban nya dok
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Selamat pagi ibu. semoga kehamilan ibu berjalan baik. usia kehamilan 38 minggu merupakan usia kehamilan yang mendekati akhir kehamilan yaitu 40-41 minggu. pada kondisi demikian, kita dapat menjumpai gambaran tinja janin dalam saluran ususnya dan hal ini masih normal. sepanjang air ketuban masih baik, aktivitas janin masih baik.
dalam menentukan kelahiran normal bisa dilakukan atau tidak, dua hal yang perlu dilihat adalah kondisi janin. jika kondisi janin baik, kepala janin sudah masuk panggul dan panggul ibu juga normal (tidak sempit), serta tidak ada kontraindikasi (sesuatu yang menghambat ibu untuk lahir normal), persalinan normal dapat dilakukan.
semoga ibu dan bayi sehat dan persalinannya berjalan lancar, ibu. tetap berpikir positif dan semangat dalam menjalankan kehamilan ibu.