Pengobatan Moyamoya dapat dibantu dengan terapi obat-obatan, yang lebih bertujuan untuk mencegah komplikasi. Misalnya jika terjadi perdarahan otak, maka berisiko terjadinya hipertensi sehingga diberikan terapi hipertensi tersebut. Jika dinilai dapat dilakukan bedah untuk dilakukan koreksi pembuluh darah (revaskularisasi) untuk diupayakan mengembalikan aluran darah seperti semula. Beberapa prosedur yang dapat dilakukan adalah:
  • Prosedur revaskularisasi langsung. Di sini dokter bedah melekatkan arteri kulit kepala langsung ke arteri otak untuk meningkatkan alran darah otak secara cepat. Ini tidak cocok bagi pasie anak, karena pembuluh darahnya masih terlalu kecil untuk dilekatkan.
  • Prosedut revaskularisasi tak langsung. Beberapa pilihan:
  • Encephaloduroarteriosynangiosis (EDAS): dokter akan memisahkan sebuah arteri kulit kepala beberapa inchi, kemudian ¬†membuat bukaan sementara pada tulang tengorak di antara arteri dan kemudian melekatkan arteri kulit kepala tersebut di permukaan otak sehingga memungkinkan pembuluh darah tumbuh ke arah otak.
  • Encephaloduroarteriomyosynangiosis (EDAMS atau EMS): dokter akan memisahkan sebuah otot di daerah dahi dan menaruhnya di permukaan otak untuk membantu mengembalikan aliran darah.
[caption id="attachment_14075" align="aligncenter" width="314"] Prosedur revaskularisasi langsung. Sumber: Mayo Clinic[/caption]
[caption id="attachment_14076" align="aligncenter" width="388"] EDAS. Sumber:Mayo Clinic[/caption]
  [caption id="attachment_14077" align="aligncenter" width="388"] EMS. Sumber:Mayo Clinic[/caption] Jika terjadi gangguan saraf seperti gangguan bicara, gangguan fisik, dapat dilakukan rehabilitasi.