BISAKAH DIPERLAMBAT? Tujuan dari pengobatan CKD adalah untuk memperlambat penurunan fungsi ginjal sampai mencapai tahap akhir dimana ginjal tidak dapat berfungsi sepenuhnya.Ada beberapa cara untuk mengatasi CKD, yakni :
  • Menghindari dehidrasi dengan mengobati gejala penyebabnya, seperti diare, muntah, dan demam. Berhati-hatilah jika melakukan aktivitas fisik yang berat atau ketika cuaca panas.
  • Menurunkan resiko untuk menderita penyakit jantung dengan cara mengubah pola hidup, seperti diet rendah lemak, berhenti merokok, dan olahraga teratur
  • Mengontrol tekanan darah tinggi dengan memakan obat antihipertensi, seperti golongan ACE inhibitor (captopril) atau angiotensin II receptor antagonis (losartan)
  • Menghindari obat-obat yang dapat merusak ginjal
  • Menghindari situasi yang beresiko kehilangan darah dalam jumlah banyak, seperti operasi yang tidak diperlukan.
Jika sudah mencapai tahap lanjut,tidak ada terapi yang spesifik untuk memperlambat penurunan fungsi ginjal ini. Idealnya, harus dilakukan transplantasi ginjal pada tahap akhir namun terhadang pada berbagai kesulitan. Sebagai pengganti transplantasi ginjal, harus dilakukan dialisis (cuci darah) secara berkala sesuai dengan petunjuk dokter. Terapi pun harus ditujukan pada gejala-gejala yang menyertai, seperti anemia atau keadaan asidosis metabolik.