Elder Abuse_image1 Seiring dengan berjalannya waktu, setiap orang akan mengalami proses penuaan. Secara umum terdapat penurunan fungsi tubuh seiring dengan terjadinya penuaan. Orang berusia lanjut akan membutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga orang tua cenderung bergantung pada orang lain yang lebih muda. 1 Contoh kasus menarik kita jumpai: “Seorang nenek sudah lama sakit dan sudah dianjurkan dokter untuk dirawat di rumah sakit. Namun oleh anak-anaknya, beliau hanya ditempatkan di salah satu kamar hotel milik si nenek sendiri. Ketika sakit beliau bertambah parah, barulah anak-anak membawanya ke rumah sakit. Selama di rumah sakit, beliau hanya ditunggui oleh pengasuh tanpa dibekali uang secukupnya untuk menebus obat. Anak-anaknya hampir tidak pernah datang menjenguk. Karena obat-obatan yang digunakan terputus-putus, sakit si nenek bertambah parah dan memerlukan tindakan serta pengobatan darurat1. Bagaimana menurut anda? Apakah kasus diatas merupakan kekerasan atau penelantaran pada orang tua?  Untuk menjawabnya, yuk kita telusuri lebih dalam mengenai elder abuse atau Kekerasan pada orang tua ini! Jenis Elder Abuse / Kekerasan pada Orang tua Kekerasan / penelantaran terhadap lansia telah menjadi masalah medis dan sosial selama 20 tahun terakhir. Karena kurangnya laporan, masalah ini sering tidak terdeteksi2. Jenis-jenis salah perlakuan pada orang berusia lanjut1,2,3 :
  • Kekerasan fisik:
mencakup tindakan kejahatan yang menyebabkan nyeri, trauma, gangguan fungsi tubuh atau penyakit (memukul,menendang,mendorong)
  • Pengabaian fisik:
kegagalan pramurawat untuk menyiapkan fasilitas/pelayanan yang dibutuhkan lansia untuk dapat berfungsi optimal atau untuk menghindari bahaya.

elder_Abuse

  • Kekerasan psikologis:
kekerasan terhadap mental lansia sehingga menimbulkan kesedihan yang mendalam (ancaman, caci maki, perlakuan seperti terhadap anak-anak, atau mengisolasi).
  • Pengabaian psikologis:
kegagalan untuk menyediakan kebutuhan sosial bagi lansia yang tidak mandiri.
  • Penganiayaan finansial atau material:
salah guna pendapatan/sumber finansial/penghasilan seseorang oleh orang lain atau perawat.
  • Kejahatan terhadap hak azasi manusia:
terjadi bila orang yang merawat/mengawasi lansia mengabaikan hak-hak lansia dan kemampuan untuk mengambil keputusan bagi mereka (kebebasan pribadi, kekayaan pribadi, keinginan berkumpul, berbicara, memberikan suara).