Apa saja gejala gagal ginjal? Kenali dan waspadai agar ginjal Sobat selalu sehat karena pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh yaitu: membuang sisa metabolisme dari tubuh, mengatur tekanan darah, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.  

  Penyakit gagal ginjal akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara perlahan. Pasien dengan penyakit gagal ginjal akan membutuhkan terapi dalam bentuk obat-obatan dan jika sudah sampai pada stadium lanjut, pasien akan membutuhkan terapi pengganti ginjal, seperti cuci darah (hemodialisa).

Gejala Penyakit Ginjal:

  1. Air Kencing Berbuih Urin berbuih menunjukkan adanya protein dalam urin. Dalam keadaan normal, protein tidak ditemukan dalam urin. Namun, pada pasien dengan penyakit gagal ginjal, terjadi kebocoran dalam filtrasi darah oleh glomerulus ginjal, sehingga protein yang seharusnya tetap berada dalam pembuluh darah akan dikeluarkan melalui ginjal dan ditemukan dalam urin.     2. Urin Bewarna Merah Urin berwarna merah mengindikasikan adanya darah dalam urin. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit gagal ginjal, di antaranya: batu pada saluran kemih atau infeksi saluran kemih.   3. Nyeri pada Pinggang Nyeri pinggang biasanya ditemukan pada pasien dengan batu ginjal. Pada awalnya, pasien dengan batu ginjal tidak menimbulkan gejala. Nyeri pinggang muncul akibat peregangan batu pada piala ginjal atau ureter (saluran kencing).   4. Sulit Buang Air Kecil Filtrasi (proses penyaringan) ginjal yang tidak sempurna dapat menyebabkan berkurangnya urin. Hal ini biasanya dikeluhkan oleh pasien sebagai sulit buang air kecil.   5. Bengkak pada Kelopak Mata pada Pagi Hari Tanda ini ditemukan karena tubuh menahan air lebih dari seharusnya, sehingga terjadi penimbunan cairan pada jaringan longgar, seperti pada kelopak mata.   6. Tekanan Darah Tinggi Ginjal merupakan salah satu organ yang mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, pada pasien dengan penyakit gagal ginjal, tekanan darahnya akan meningkat. Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal, sehingga tekanan darah tinggi merupakan salah satu tanda penyakit ginjal yang penting untuk diwaspadai.     7. Mudah lelah Pasien dengan penyakit gagal ginjal seringkali mengeluhkan mudah merasa lelah, walaupun sudah istirahat dengan cukup. Hal ini disebabkan oleh berkuragnya hormon eritropoeitin yang selanjutnya akan menyebabkan berkurangnya sel darah merah yang diproduksi tubuh. Berkurangnya sel darah merah juga berarti menurunnya hemoglobin dan berkurangnya kemampuan sel darah merah untuk mengikat oksigen.   8. Mual dan muntah Mual dan muntah muncul akibat penumpukan ureum dalam darah. Selanjutnya, nafsu makan pasien akan berkurang dan berat badan menurun.   Semoga bermanfaat dan membantu dalam mengenali gejala sakit ginjal lebih dini. Bila ingin mendapatkan jawaban langsung mengenai gejala-gejala yang Sobat derita, tanya dokter.