Ada Lebaran, sudah tentu ada yang namanya mudik. Tradisi tahunan yang hanya ada di Indonesia. Orang-orang desa yang sedang belajar atau bekerja di kota akan ramai-ramai mengunjungi kampung halamannya untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri. Persiapan matang menjelang mudik akan menentukan kesuksesan dan kenyamanan dari mudik itu sendiri.  Persiapan yang kurang tak saja mengganggu acara mudik, tetapi menurunkan semangat dan mengurangi kesenangan dalam bermudik ria. Agar acara mudik lancar, aman, terkendali, dan nyaman, apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk, kita buat ‘checklist’ persiapan agar perjalanan Anda lebih nyaman dan tidak ribet.
  • Periksa kondisi kendaraan yang akan Anda pakai untuk mudik. Pastikan kendaraan dalam kondisi fit sebelum dibawa mudik. Jika malas memeriksa sendiri, Anda dapat membawanya ke bengkel dan meminta untuk diperiksa secara menyeluruh. Jangan sampai tiba-tiba mogok di jalan, selain memalukan juga bikin tambah macet jalan.
  • Siapkan dan jangan lupa untuk membawa surat-surat penting. Simpan surat-surat penting seperti KTP, SIM, STNKB, dan sebagainya di tempat yang mudah dijangkau dan diingat. Jika terjadi keadaan yang memerlukan surat-surat tersebut, Anda mudah menggapainya.
  • Periksa kondisi keuangan. Pastikan Anda membawa cukup uang, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Bawalah uang untuk membeli bahan bakar, makanan,dan minuman. Ingatlah, di kota tujuan Anda bisa mengambil uang kembali di ATM.
  • Periksa barang bawaan. Mudik identik dengan membawa barang baru ke desa. Lebih baik bawa barang secukupnya saja. Sekiranya barang tersebut bisa dibeli di kota tujuan maka sebaiknya tidak usah dibawa dari kota.
  • Bawa baju seperlunya. Perkirakan akan mudik selama berapa hari, perkirakan setiap hari akan berganti baju berapa kali, lalu hitung jumlah baju yang harus dibawa. Terkadang kita membawa baju terlalu banyak dan akhirnya di sana malah tidak dipakai.
  • Bawa gadget dan perlengkapannya. Handphone mungkin selalu dibawa, tetapi apa gunanya handphone tanpa charger? Jadi jangan lupa untuk membawa chargernya. Jika membawa kamera, jangan lupa membawa lensa, kabel data, atau card reader-nya.
  • Perhatikan hewan peliharaan Anda. Mereka juga butuh makan. Pastikan selama ditinggal mudik mereka tetap bisa menikmati makakan favoritnya setiap hari supaya ketika Anda kembali mereka masih hidup.
  • Amankan barang berharga Anda. Perhiasan atau emas batangan yang disimpan di rumah lebih baik dititipkan ke bank atau pegadaian supaya aman. Mereka biasanya memiliki deposit box untuk menyimpan surat berharga dan perhiasan. Jangan ambil resiko dengan membawanya pulang ke desa atau membiarkannya tergeletak di rumah. Kalau dibawa pulang resiko hilang di jalan, kalau ditaruh di rumah resiko digarong penjahat.
  • Amankan rumah Anda. Nah ini yang juga penting. Selama Anda mudik pastikan  semua PINTU dan JENDELA dalam keadaan terkunci. Pastikan pula semua peralatan elektronik dalam keadaan OFF dan kabel tidak menancam di stop kontak. Pastikan pula KOMPOR tidak dalam kondisi menyala.
  • Jaga kondisi tubuh. Sakit ketika sedang mudik adalah pengalaman buruk!  Karena itu, mempersipkan kondisi badan adalah salah satu keharusan menjelang mudik. Makanlah sayuran dan buah dalam porsi lebih banyak, juga minum air putih sebelum dan selama perjalanan.Selain itu, sebelum menempuh perjalanan jauh ada baiknya anda tidur dalam waktu yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi yang cukup. Jika lelah atau mengantuk di perjalanan maka lebih baik berhenti di tempat yang aman dan beristirahat.
  • Mulailah mempersiapkan barang bawaan beberapa hari sebelum pergi agar Anda dapat melakukannya dengan santai. Jika Anda menunda-nunda terus dan baru menyiapkan pada hari H, kemungkinan besar ada barang yang terlupa. Selain itu, mempersiapkan sebelumnya dapat membuat Anda membeli dahulu barang yang Anda perlukan jika tidak ada.
Siap untuk mudik? Selamat menempuh perjalanan jauh, semoga selamat sampai tujuan dan kembali lagi dengan semangat baru untuk lebih sukses lagi!

Sumber : http://deteksi.info/2009/09/persiapan-mudik-lebaran/