8. Puting yang Rata atau Terlalu Besar Masalah puting yang rata dapat saja terjadi karena pembengkakan payudara. Keadaan ini memang membuat kesulitan dalam menyusui. Tips:
  • Sobat bisa menggunakan jari untuk mencoba menarik keluar puting yang rata atau masuk ke dalam. Ada alat khusus yang memang didesain untuk membantu menarik puting kembali
  • Periksakan ke dokter jika masalah ini sulit diatasi sendiri
9. Bayi Saya Menguning Saat Menyusui Untuk pembahasan lebih lanjut Sobat bisa simak lebih lanjut di artikel ini. 10. Bayi Selalu Memuntahkan ASI Jika bayi selalu memuntahkan semua ASI maka dapat saja merupakan tanda GERD atau gastroesophageal reflux disease. GERD terjadi karena otot pada pintu atas lambung terganggu sehingga makanan bayi tidak bisa masuk ke lambung dan kembali ke mulut. Namun jika bayi hanya mengeluarkan sedikit dan biasanya mengalir sedikit di sudut mulutnya, maka ini disebut gumoh.  Keadaan ini normal terjadi. 11. Bayi Memiliki Sumbing Bibir dan Langit-Langit Bayi dengan sumbing bibir atau langit-langit tetap memerlukan ASI sebagai sumber makanannya. Mintalah nasihat dokter atau bidan untuk bagaimana cara menyusui yang benar. Beberapa rumah sakit, menyediakan alat yang disebut obturator, untuk menutup langit-langit agar pross menyusui lebih mudah.