Kita sudah setuju bahwa menyusui bayi pada enam bulan pertama adalah sebuah harta yang paling berharga di awal hidupnya. Namun sering kali, ibu yang melakukan menyusui ini menemui berbagai kendala-kendala, dan tak jarang juga ibu menyerah. Yang pasti, semua ada solusi untuk kendala-kendala menyusui. Segala cara harus dihadapi agar bayi tetap mendapat ASI. Solusinya adalah mendapat nasihat dan pertolongan dari dokter atau bidan. Nah, kali ini kami akan membantu Sobat mengatasinya. Yuk disimak. 1. Nyeri Puting Payudara Hal ini seringkali terjadi pada ibu yang baru pertama menyusui. Biasanya rasa tidak nyaman ini disebabkan posisi menyusui yang keliru terutama pada kontak mulut bayi dan puting. Rasa nyeri ini juga bisa merupakan tanda infeksi payudara, terutama bila rasa sakit timbul mendadak dan sangat tidak nyaman.  Oleh karena itu, sebaiknya mintalah nasihat dokter atau bidan. Tips:
  • Jika rasa nyeri diakibatkan posisi yang tidak nyaman, maka gantilah posisi bayi. Pergantian posisi ini akan menurunkan tekanan bayi ke payudara
  • Setelah menyusui selesai, berikan beberapa tetes ASI untuk dioleskan ke puting dengan tangan bersih. Cairan ASI dapat melembabkan kulit puting
  • Jangan menggunakan bra yang terlalu ketat
[caption id="attachment_21607" align="alignright" width="300"]Posisi Mulut Bayi Terhadap Puting Payudara Ibu Posisi Mulut Bayi Terhadap Puting Payudara Ibu[/caption] Cara Memosisikan Bayi untuk Menyusui:
  1. Pegang payudara Anda dengan empat jari dibawah dan ibu jari di atas (lihat gambar). Payudara dipegang agak jauh dari daerah puting agar jari ibu tidak tersentuh dengan mulut bayi saat menempelkannya nanti.
  2. Sentuhkan bibir bawah bayi dengan puting. Bayi akan langsung membuka mulutnya secara alami.
  3. Setelah bayi membuka mulut, langsung agak dorong bayi ke arah badan Anda agar bayi dapat memasukkan puting ke mulutnya. Bayi harus memasukkan puting ke mulutnya sampai meliputi daerah gelap puting.
  [caption id="attachment_21606" align="aligncenter" width="744"]Cara Memosisikan Bayi Saat Menyusui (Sumber: Relayhealth) Cara Memosisikan Bayi Saat Menyusui (Sumber: Relayhealth)[/caption] 2. ASI Sedikit Seringkali ibu mengeluh ASI-nya sedikit dan akhirnya mengganti ke susu formula. Namun apakah memang demikian? Jika pertumbuhan bayi baik dengan kenaikan berat badan yang sesuai dan perkembangannya juga baik, maka ASI Sobat sebenarnya sudah mencukupi. Pada bayi usia 6 minggu sampai 2 bulan, Sobat dapat merasa payudara tidak sekencang pada awal-awal nifas. Ini normal. Bayi memang akan mengubah sedikit cara dan lama menyusuinya. Jika ragu, coba ajak bayi untuk menyusui lagi. Dia akan kembali meminta menyusui apabila masih belum puas.