Apa itu Inisiasi Menyusui Dini (IMD)? Inisiasi Menyusui Dini (IMD) atau permulaan menyusui dini adalah bayi mulai menyusu sendiri segera setelah lahir. Karena pada dasarnya bayi manusia seperti juga bayi mamalia lain mempunyai kemampuan untuk menyusu sendiri. Terdapat beberapa "intervensi" yang dapat mengganggu kemampuan alami bayi untuk mencari dan menemukan sendiri payudara ibunya. Di antaranya, obat kimiawi yang diberikan saat ibu melahirkan bisa sampai ke janin melalui ari-ari dan mungkin menyebabkan bayi sulit menyusu pada payudara ibu. Kelahiran dengan obat-obatan atau tindakan, seperti operasi Caesar, vakum, forsep, bahkan perasaan sakit didaerah kulit yang digunting saat episiotomy dapat pula mengganggu kemampuan alamiah ini. Dianjurkan juga kepada tenaga kesehatan untuk menyampaikan informasi IMD pada orang tua dan keluarga sebelum melakukan IMD. Juga dianjurkan untuk menciptakan suasana yang tenang, nyaman dan penuh kesabaran untuk memberi kesempatan bayi merangkak mencari payudara ibu atau "The Breast Crawl"   Apa Keuntungan Inisiasi Menyusui Dini? Keuntungan menyusu dini untuk bayi
  1. Makanan dengan kualitas dan kuantitas optimal agar kolostrum segera keluar yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi
  2. Memberikan kesehatan bayi dengan kekebalan pasif yang segera kepada bayi. Kolostrum adalah imunisasi pertama bagi bayi
  3. Meningkatkan kecerdasan
  4. Membantu bayi mengkoordinasikan hisap, telan dan nafas
  5. Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dan bayi
  6. Mencegah kehilangan panas
  7. Merangsang kolostrum segera keluar
Keuntungan menyusu dini untuk ibu
  1. Merangsang produksi hormon oksitosin dan prolaktin
  2. Meningkatkan keberhasilan produksi ASI
  3. Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu-bayi
  Bagaimana Langkah-langkah IMD?
  1. Dianjurkan suami atau keluarga mendampingi ibu saat persalinan
  2. Begitu lahir, bayi diletakkan diperut ibu yang sudah dialasi kain kering.
  3. Keringkan seluruh tubuh bayi termasuk kepala secepatnya, kecuali kedua tangannya.
  4. Tali pusat dipotong, lalu diikat
  5. Vernix (zat lemak putih) yang melekat ditubuh bayi sebaiknya tidak dibersihkan karena zat ini membuat nyaman kulit bayi.
  6. Tanpa dibedong, bayi langsung ditengkurapkan didada atau perut ibu dengan kontak kulit bayi dengan kulit ibu. Ibu dan bayi diselimuti bersama-sama. Jika perlu, bayi diberi topi untuk mengurangi pengeluaran panas dari kepalanya.
  7. Bayi dibiarkan mencari puting susu ibu. Ibu dapat merangsang bayi dengan sentuhan lembut, tetapi tidak memaksa bayi keputing susu.