Memandikan bayi dapat menjadi suatu kegiatan yang ditakuti oleh para ibu muda, namun  ternyata tergolong aktifitas  mudah dan menyenangkan. Anda akan menikmati momen-momen istimewa bersama sang buah hati, dimana sentuhan lembut dan suara anda saat berkomunikasi dengannya akan memberikan rasa nyaman pada buah hati anda. Bagi beberapa orang, pengalaman pertama saat memandikan sang buah hati dapat saja menjadi sebuah peristiwa yang menegangkan, mengingat tubuh si kecil yang rentan untuk cedera. Hal ini tidak perlu anda cemaskan lagi, karena hanya dengan 10 langkah mudah anda akan mampu melakukannya dengan baik dan menyenangkan bagi anda dan si buah hati. Berikut ini adalah beberapa peralatan sederhana yang akan anda butuhkan untuk memandikan buah hati anda.
  1. Sebuah bidang datar untuk meletakkan buah hati anda, dapat berupa meja, bahkan lantai yang bersih dan hangat dapat anda manfaatkan.
  2. Handuk atau selimut lembut sebagai alas untuk meletakkan buah hati anda.
  3. Baby bath tub atau baskom berukuran besar yang telah diisi air hangat dengan kedalaman kurang lebih 5-8 cm. Pastikan suhu air tidak terlalu panas, periksa dengan tangan anda atau ukur dengan thermometer hingga suhu mencapai 37-40.
  4. Wash lap/ Spons lembut sebanyak 2 buah
  5. Kapas gulung
  6. Sabun dan Shampo khusus bayi
  7. Handuk untuk mengeringkan bayi
  8. Pakaian bersih