Apakah pubertas itu dan kapan terjadinya?

Setiap anak laki-laki akan mengalami masa pubertas, di mana sejumlah hormon yang disebut dengan androgen, akan menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh mereka. Masa pubertas dimulai pada usia 9-15 tahun, dengan rata-rata usia awal pubertas adalah 10-14 tahun. Masa pubertas akan berlangsung terus selama 2-5 tahun selanjutnya. Jika anak laki-laki Anda belum memasuki masa pubertas di usia lebih dari 15 tahun, atau malah sudah memasuki masa pubertas sebelum usia 9 tahun, lebih baik Anda mengkonsultasikan anak Anda ke dokter.

Apa saja perubahan fisik yang terjadi pada si buyung yang mulai beranjak dewasa ini?
Perubahan fisik Usia saat terjadinya
Pertumbuhan buah zakar 10 - 13,5 tahun
Pertumbuhan rambut kemaluan 10 - 15 tahun
Pertumbuhan tinggi badan 10,5 - 16,5 tahun
Pertumbuhan penis 11 - 14,5 tahun
Perubahan suara Bersamaan dengan pertumbuhan penis
Pertumbuhan rambut wajah dan ketiak ± 2 tahun setelah muncul rambut kemaluan
Munculnya jerawat Bersamaan dengan munculnya rambut ketiak
  Perubahan pada alat kelamin dan munculnya rambut kemaluan. Penis dan buah  zakar akan membesar dan bertambah panjang. Buah zakar sebelah kiri biasanya letaknya lebih rendah daripada yang kanan. Kulit buah zakar akan menjadi lebih gelap dan teksturnya berubah. Sekitar satu tahun setelah penis mulai berkembang, sebagian besar remaja pria akan mengalami ejakulasi (pengeluaran cairan semen yang mengandung sperma dari penis) pertama mereka. Rambut kemaluan juga akan mulai tumbuh pada pangkal penis, yang mana seiring dengan waktu akan semakin tebal, kasar, dan keriting. Rambut kemaluan ini akan terus tumbuh, membentuk area berbentuk segitiga di sekitar penis, dan bahkan dapat menyebar sampai ke paha.

Saat memasuki masa pubertas, remaja pria juga akan mulai mengalami ereksi  dan mimpi basah.

Apa yang dimaksud dengan ereksi? Ereksi terjadi ketika penis anak menjadi lebih panjang dan keras. Biasanya terjadi ketika anak memikirkan hal-hal yang erotik, atau bisa juga karena stimulasi fisik (masturbasi), namun kadang-kadang tanpa stimulasi sama sekali, atau disebut juga ereksi spontan. Sebagian besar ereksi yang terjadi tidak lurus, namun agak melengkung ke atas atau ke samping. Ukuran penis bervariasi pada tiap remaja pria, namun pada saat ereksi sebagian besar penis memiliki ukuran yang sama. Apakah itu mimpi basah? Orang tua perlu menghimbau anak mereka, agar tidak merasa malu saat mengalami mimpi basah, karena mimpi basah adalah suatu fenomena yang wajar terjadi pada sebagian besar remaja pria. Namun juga tidak perlu khawatir bila anak tidak mengalami mimpi basah, karena memang tidak semua anak laki-laki akan mengalaminya. Mimpi basah terjadi saat anak mengalami rangsangan seksual saat tidur, lalu terjadi ereksi dan kemudian ejakulasi. Kadang-kadang anak dapat mengingat bahwa dia baru saja mengalami mimpi erotik, namun seringkali mereka tidak dapat mengingat mimpinya. Jika anak mengalami mimpi basah, ia harus membersihkan alat kelaminnya setelah bangun tidur untuk menghindari infeksi. Orang tua harus mengajarkan kepada anak laki-lakinya supaya membersihkan alat kelaminnya setiap hari. Pembersihan ini meliputi seluruh penis, buah zakar, dan jangan lupa untuk membersihkan kulit di ujung penis bila anak belum disunat. Pertumbuhan tinggi badan. Rata-rata pertumbuhan tinggi badan pada remaja pria adalah 3 inci atau 6-7 sentimeter per tahun. Yang pertama kali tumbuh adalah kepala, telapak tangan, dan telapak kaki. Kemudian lengan dan tungkai juga mengalami pertumbuhan, dan pada akhirnya batang tubuh dan bahu juga mengalami pertumbuhan.