Jenis Minuman Kalori per 12 oz. (setara 355 ml) Kalori per 20 oz. (setara 600 ml)
Minuman sari buah (fruit punch)

192

320

Jus apel 100%

180

300

Jus jeruk 100%

168

280

Limun

168

280

Soda lemon/limun

148

247

Minuman rasa kola regular (berkarbonasi)

136

227

Es teh lemon kemasan

135

225

Minuman tonik

124

207

Ginger ale biasa

124

207

Minuman olahraga (sport drink)

99

165

Air untuk kebugaran (fitness water)

18

36

Es teh tawar

2

3

Soda diet (dengan aspartam)

0*

0*

Air soda tanpa pemanis

0

0

Air biasa

0

0

*beberapa soda diet mengandung sedikit kalori yang tidak terdaftar dalam label Fakta Gizi (USDA National Nutrient Database for Standard Reference) | Sumber: CDC – Rethink Your Drink Ternyata, segelas jus buah mengandung kalori yang hampir setara dengan minuman ringan dengan gula tambahan! Memang jus buah lebih bernutrisi tapi ternyata kandungan gula dan total kalorinya juga tinggi, sekalipun gula tersebut adalah gula alami yang berasal dari buah-buahan. Siasati minuman dengan gula tambahan Seperti yang dijelaskan di atas bahwa gula sering digunakan untuk memperkaya rasa dan tekstur makanan maupun minuman, jadi hampir sulit rasanya untuk sama sekali tidak mengonsumi bahan makanan atau minuman ini. Jadi bagaimana kita harus menyikapi fakta di atas?
  1. Tubuh manusia perlu cairan untuk bisa berfungsi normal dan sehat. Minuman penting bagi hidrasi tubuh. Minumlah secara teratur agar kebutuhan hidrasi tubuh terpenuhi. Fakta pada sebuah studi mengatakan bahwa anak-anak lebih menyukai minuman berperisa atau minuman ringan ketimbang air putih, jadi untuk memenuhi kebutuhan hidrasinya tetap berikan minuman kesukaannya saat ia beraktivitas tapi ingat batasi juga asupan kalori hariannya dan ajaklah ia untuk aktif secara fisik.
  2. Bagi orang dewasa, ingatlah selalu bahwa kalori adalah sumber energi tubuh. Salah satu sumber kalori adalah gula, baik gula alami maupun tambahan. Semua sumber kalori baik dari makanan maupun minuman harus tetap dihitung sehingga penting untuk mencermati asupan kalori harian dan tetap biasakan hidup aktif. Konsumsi minuman ringan dengan gula tambahan sah-sah saja selama total asupan kalori harian masih terpenuhi dan tidak lebih melampaui jumlah kalori yang dibutuhkan. Selain itu, biasakan untuk berolahraga rutin setiap hari.
  3. Pilihan minuman dikembalikan kepada masing-masing individu namun, CDC mengisyaratkan bahwa dengan mengganti produk minuman dengan gula tambahan ke produk minuman dengan pemanis rendah atau tanpa kalori akan bermanfaat dalam mengontrol asupan kalori harian. Selain itu, CDC juga menghimbau agar tetap memperhatikan asupan kalori harian dan biasakan hidup aktif.
  4. Selalu perhatikan secara seksama label kandungan gizi pada setiap kemasan minuman. Minuman yang terkesan sehat belum tentu mengandung kalori yang lebih sedikit ketimbang minuman lainnya. Rumus sederhana dalam membaca label kandungan gizi adalah: 4 gram gula setara dengan 1 sendok teh gula 1 gram gula mengandung 4 kalori
  5. Perhatikan juga takaran saji karena tidak semua produk minuman dikemas hanya 1 kali takaran saji sedangkan label kandungan gizi adalah berdasarkan 1 takaran saji. Jadi misalnya kemasan produk minuman adalah 1000 ml dengan takaran saji per sajian adalah 250 ml dan pada label kandungan gizi produk tersebut adalah menyesuaikan dengan takaran saji per sajian. Oleh karena itu, bila seseorang meminum habis 1 kemasan produk minuman tersebut sekaligus artinya ia meminum 4 kali lipat kandungan gizi produk minuman tersebut.
  6. Mendadak ngidam minuman ringan dengan kandungan tinggi kalori, seperti smoothie buah atau segelas kopi latte atau minuman kola? Boleh-boleh saja, tapi ingat: pilih porsi terkecil, ganti whole milk atau susu utuh dengan susu rendah lemak, cari soda diet atau minuman kola dengan pemanis tanpa kalori.
  Minum itu wajib. Bagaimana pemilihan minum yang sehat bagi Anda kembali pada diri sendiri. Ingatlah untuk selalu waspada dengan apa yang Anda minum, pelajari dan baca secara seksama sebelum Anda mengatakan minuman ini sehat. Selain itu, biasakan untuk hidup aktif sambil tetap memantau asupan kalori harian Anda!