Urtikaria

Urtikaria

Banyak orang mengenal kaligata. Jika ada sedikit bentol kemerahan dan gatal, seringkali kaligata dituduh sebagai biang keladinya. Ya, kaligata memang sudah menjadi salah satu penyakit popular. Kaligata juga menjadi penyakit yang gampang-gampang susah, gampang diobati tetapi gampang pula timbul kembali. Tapi kaligata tidak pernah dianggap sebagai penyakit yang berat, karena toh hanya mengenai kulit dan bukannya tidak dapat disembuhkan.

Eits … tunggu dulu. Apa yang tampak dari luar belum tentu menggambarkan keadaan keseluruhan. Tidak semua orang tahu bahwa kaligata dapat menyebabkan kematian, bahkan setengah dari seluruh penderitanya memiliki resiko tersebut. Apa??? Bagaimana bisa?

SEBENARNYA URTIKARIA ITU APA?
Kaligata atau biduran, atau dalam istilah medis dikenal dengan urtikaria, merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dijumpai. Urtikaria ialah reaksi pembuluh darah di kulit akibat bermacam-macam sebab, biasanya ditandai dengan bengkak setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucat dikelilingi warna kemerahan, meninggi di permukaan kulit, dan di daerah sekitarnya dapat dikelilingi halo. Keluhan penderita biasanya gatal, rasa tersengat atau tertusuk.

Artikel Terkait


Penyebab Hidung Tersumbat Setiap Bangun Tidur

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Apakah diare gejala dari alergi susu sapi

Tommy Supit, dr.

Apa maksud penyakit alergi dan gejala nya

Tommy Supit, dr.

Badan Gatal Saat Hamil?

Arie A. PoLim, dr., Sp.OG, K-FER,D.MAS