Urat jelas terlihat di tangan dan kaki, apa penyebabnya ?

     

salam sehat
saya mau tanya, kenapa di kaki dan di tangan saya terlihat jelas uratnya pada keluar. apa karena kekurusan saya apa penyebab dari onani?
dan bagaimana cara mengatasinya?
terima kasih

Salam sehat,

Terlihatnya urat yang keluar di kaki dan tangan dalam bahasa kedokterannya dikenal dengan nama varises. Varises ialah vena normal yang mengalami dilatasi/pelebaran akibat pengaruh peningkatan tekanan vena yang terjadi karena manifestasi sindrom insufiensi vena dimana aliran darah dalam vena tidak dapat mengalir balik ke jantung dengan maksimal sehingga mengalami kongesti (penumpukan).

Penyebabnya berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana mestinya. Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi, karena itu pembuluh darah harus kuat dan harus ada kontraksi otot sekitar yang memompa. Kedua,rusaknya katup pembuluh vena, padahal katup atau klep ini bertugas menahan darah yang mengalir ke jantung agar tidak keluar kembali. Katup yang rusak membuat darah berkumpul di dalam dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah.

Faktor resiko terjadinya varises yaitu faktor keturunan, kurang gerak sehingga otot sekitar pembuluh darah vena tidak mampu memompa darah secara maksimal, terlalu banyak berdiri mengakibatkan kaki terlalu berat menahan tubuh dan memperparah beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah, kebiasaan merokok menyebabkan kandungan zat berbahaya dalam rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku dan terjadi penyempitan, sehingga dinding pembuluh tidak elastis lagi, menderita kolesterol tinggi dan kencing manis yang berhubungan dengan masalah peredaran darah,selain itu kehamilan dan pemakaian sepatu hak tinggi memicu terjadinya varises.

Gejala yang terjadi adalah diawali dengan kaki dan tungkai terasa berat, diikuti otot yang mudah pegal, kaku, panas dan sakit di seputar kaki maupun tungkai. Biasanya rasa sakit dirasakan menjelang malam, akibat tidak lancarnya aliran darah. Adanya kaki bengkak (edema) karena adanya pembendungan darah.
Perubahan pada pembuluh vena luar, misalnya di betis bagian belakang tampak urat kebiru-biruan dan berkelok-kelok. Keadaan ini merupakan gejala varises kronis.

Cara mencegahnya yaitu jika pekerjaan Anda mengharuskan banyak berdiri, usahakan untuk tidak berdiri dengan posisi statis (diam), tapi tetap bergerak, agar otot tungkai dapat terus bekerja memompa darah ke jantung, kemudian hindari merokok dan mulailah untuk berolahraga secara teratur.
Untuk pengobatan, dokter akan memberi obat-obatan yang menguatkan dinding vena dan memperlancar aliran darah, atau menggunakan stocking khusus varises.
Stocking ini berfungsi menekan pembuluh vena sehingga otot dan dinding vena bisa kembali bekerja maksimal. Stocking mampu mencegah, mengurangi gejala awal, dan rasa sakit penderitanya meski hanya temporer. Jadi, tetap harus minum obat. Semoga informasi dari kami bermanfaat.

Related Posts

Bahayanya Sectio Caesar

Bahayanya Sectio Caesar

Payudara Anda Tak Sama Besar?

Payudara Anda Tak Sama Besar?

Liputan: 1st Jakarta Annual Surgical Symposia (JASS)

Liputan: 1st Jakarta Annual Surgical Symposia (JASS)

Jangan Takut pada Nyeri Pasca-Operasi

Jangan Takut pada Nyeri Pasca-Operasi

ICTEC Simulative Training on Gastrointestinal and Hemorrhoidopexy Stapling, 25-26 Mei 2012, Jakarta

ICTEC Simulative Training on Gastrointestinal and Hemorrhoidopexy Stapling, 25-26 Mei 2012, Jakarta

Related Posts

Tangan berkeringat

Halo Dok, Saya punya seorang teman, telapak tangan...

Operasi lipatan mata

Dok, Saya ada rencana melakukan operasi lipatan ma...

Tangan kesemutan

Dok, Saya mau tanya nih. Kenapa ya kedua tangan sa...

Cara Mengatasi Varises pada Perempuan

Dok, saya perempuan usia 25thn. Mau tanya soal var...

Benjol & Nyeri disekitar Jahitan setelah operasi tumor diperut

Sore dok, dok saya mau tanya..ibu saya baru saja o...