Telat haid setelah berhubungan seksual, hamil kah?

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Hai dokter, bulan lalu setelah saya selesai haid, keesokan harinya saya melakukan hubungan intim dengan tunangan saya. Karena takut, saya mengkonsumsi obat KB agar tidak terjadinya pembuahan. Tetapi, karena perbedaan jam (diluar negri) saya sering kali berubah2 waktu mengkonsumsi obat tersebut. Saya bingung, karena saya juga belom dapat haid bulan ini, dan juga payudara saya membengkak. Entah karena akan dapat haid atau tidak. Semestinya haid datang pd tgl 8, tapi sekarang belum datang juga. Saya juga mengalami perut nyeri karena asam lambung tadi pagi, hingga terjadinya muntah yang asam. Entah karena kemarin malah saya makan nasi kari yg mengandung santan sehingga kontradiksi dengan perut saya apa tidak? Tapi saya sekarang bingung sekali, dan takut kalau terjadi pembuahan. Semoga dokter bisa jawab pertayaan saya dengan tepat. Trims dok.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mengenai apakah anda hamil atau tidak, tentunya saya tidak dapat menjawab dari sini. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan pregnancy test-pack yang dijual bebas di apotek/farmasi. Bila haid anda teratur, biasanya anda dapat mengetes pada hari pertama haid anda telat. Bila masih kurang yakin, 2 minggu setelahnya tes dapat diulang. Sensitivitas test-pack yang dijual saat ini cukup baik. Bila ada keraguan, anda bisa konsultasi ke spesialis Ob-Gyn.

Bila anda berdua memang belum menginginkan anak, sebaiknya lakukan betul-betul program KB. Penggunaan obat KB memang sebaiknya rutin, disesuaikan dengan jam dan kalau bisa tidak di-skip supaya efektivitasnya tetap baik. Bila anda bukan peminum obat yang rajin atau sering lupa/telat minum, lebih baik kalau anda memilih metode KB yang tidak perlu hari-hari minum. Mungkin dengan KB implan atau KB suntik. Tentu saja, setiap metode KB ada kelebihan dan kekurangannya sehingga anda mungkin harus berdiskusi dengan dokter anda untuk detailnya.
Sedangkan untuk pasangan anda, gunakanlah kondom.

Sebetulnya, untuk hubungan intim yang tidak terencana dan tidak ada proteksi (tidak ada metode kontrasepsi yang dipakai), anda dapat mengkonsumsi KB darurat. Kontrasepsi darurat yang dikenal dengan nama 'morning-after' pill adalah metode kontrasepsi yang dipakai HANYA bila betul-betul diperlukan. Ingat, pil ini tidak dianjurkan untuk menjadi metode kontrasepsi rutin karena kurang efektif untuk penggunaan terus-menerus dan kadar hormon yang tinggi biasanya menyebabkan efek samping yang lebih besar juga.

Pil ini biasanya efektif bila dikonsumsi dalam kurun waktu 72 jam setelah hubungan seks tanpa pelindung. Biasanya dikonsumsi sebanyak 2 dosis, setiap dosis beda 12 jam. Kontraindikasi untuk wanita hamil/curiga hamil.

Selain pil kontrasepsi darurat, ada juga yang disebut dengan KB spiral darurat (IUD) yang secara manual dimasukkan langsung oleh bidan/dokter umum/ob-gyn ke dalam rahim seorang wanita. KB spiral darurat cukup efektif hanya saja biasanya tidak disarankan untuk orang yang monogami (setia dengan satu pasangan). Selengkapnya bisa anda baca di artikel Tanya Dokter Anda di http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2009/11/kontrasepsi-darurat.

Sebagai tambahan, mengenai apakah seseorang bisa hamil atau tidak setelah haid.

Dengan metode kalender yang biasa, dengan catatan hari ke 1 adalah hari anda mulai menstruasi dan dengan perhitungan menstruasi yang reguler. Masa subur seorang wanita bisa dikalkulasi kurang lebih dengan cara seperti ini:

Dengan menggunakan Standard Days method (khususnya pada wanita yang panjang siklusnya antara 26 - 32 hari):
Hari 1 - 7 : dianggap kurang subur
Hari 8 - 19: dianggap subur
Hari 20 - seterusnya: dianggap kurang subur

Berdasarkan studi lain, di hari ke 6 sampai hari ke 21 dalam satu siklus menstruasi, ada 10% kemungkinan seorang wanita bisa hamil.

Namun, anda harus ingat bahwa sistem kalender sering kali kurang dapat dipercaya mengingat 'fertile window' (masa subur) seseorang tidak persis seperti teori. Kadang bisa maju, kadang mundur. Bahkan untuk seorang wanita yang teratur siklusnya, tidak berarti sistem kalender lebih meyakinkan.

Jadi, dari cerita anda, bila anda melakukan hubungan intim setelah hari haid, dengan menyimpulkan hari itu jatuh di hari ke-8, maka ya, anda sedang dalam masa subur tetapi kemungkinannya bervariasi sehingga kemungkinan hamil untuk di hari ke 8 (hari pertama masa subur) lebih rendah bila dibandingkan hari ke 14, misalnya.

Semoga ini bisa menjawab pertanyaan anda. Salam sehat untuk anda dan tunangan anda!

Praktik: Jl. Pluit Karang Cantik Blok 04 Barat No: 19, Jakarta 14450 
10:00 – 12:00 WIB, 14:00 – 19:00 WIB

Related Posts

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Penis Saya Bengkok Atau Normal???

Penis Saya Bengkok Atau Normal???

Mengatur Siklus Haid Selama Haji

Mengatur Siklus Haid Selama Haji

Haid Pertama, Perlukah Khawatir?

Haid Pertama, Perlukah Khawatir?

Pil Penunda Haid, Baikkah Digunakan Saat Puasa?

Pil Penunda Haid, Baikkah Digunakan Saat Puasa?

Related Posts

Haid pada ibu menyusui

Siang Dok! Saya ingin bertanya, istri saya sudah h...

Nyeri haid

Dok, saya mau bertanya tentang istri saya. Istri s...

Keputihan dan telat haid

Dok, Saya mau tanya mengenai keputihan dan haid ni...

Belum mendapat menstruasi setelah masa nifas 1 bulan

selamat sore dokter saya mau konsultasi tentang is...

Badan Pegal apakah karena haid atau kolesterol komsumsi kambing

Pagi Dok, Saya mau Tanya,apakah hubungannya, jika ...