Tanda tanda kehamilan dan aborsi

     

Dear dokter,
Saya telah menikah selama 8 bulan dan belum hamil,yang ingin saya tanyakan adalah tentang tanda tanda kehamilan dan apalah mungkin saya pernah alami keguguran:

1. Pada bulan ke-6 saya terlambat datang bulan selama 3 hari dari jadwal biasa namun pada hari ke-4 datang haid dengan rasa sakit yang luar biasa dengan darah yang hitam dan menggumpal-gumpal. Lalu 2 minggu kemudian setelah bersih haid saya mengangkat kursi tamu yang cukup berat keesokkan harinya keluar flek2 selama 2 hari namun 2 hari berikutnya haid datang lebih awal sekitar 1 minggu dari jadwal seharusnya. Mulai dari situ jika naik motor saya mual sekali.Yang ingin saya tanyakan: Apakah pada saat itu saya sudah ada tanda tanda kehamilan? Dan apakah dari cerita di atas ada indikasi bahwa kandungan saya lemah? Betulkah jika saya konsultasi atau memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk tanda tanda kehamilan?

2. Apakah dalam istilah kedokteran ada istilah “turun bero”? Apakah hal ini mempengaruhi rahim seorang wanita jika ingin mempunyai keturunan? Adakah obat medis utk istilah ini?

3. Dokter, apakah sperma yang bening merupakan ciri-ciri dari sperma yang cair? Benarkah jika sperma cair akan susah mempunyai keturunan? Lalu adakah obat dan makanan yang bisa mengobatinya?

4. Jika ingin mengecek tingkat kesuburan baik dari sel telur dan sperma ke dokter bagian mana ya dok? Boleh tau gak dok kira2 biaya yang harus dibudgetkan dan bagaimana pemeriksaan dari tingkat kesuburan tersebut?

Mohon penjelasannya dokter, mohon maaf jika saya banyak bertanya hal sepele. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Tuhan memberkati.

Ibu ytk.

Langsung saja saya menjawab.
1. Ada kemungkinan bahwa saat itu ibu sudah hamil, namun saya tidak bisa memastikannya. Bisa juga variasi menstruasi yang normal, bisa telat bbrp hari sampai kadang telat satu minggu masih normal. Mengenai kandungan lemah atau tidak, tentu harus diperiksa dulu dengan alat dan cek darah juga bisa, karena tidak dicek tentu sulit kalau hanya menerka saja. Memang lebih baik ibu periksakan ke dokter kandungan, kalau lewat internet khan saya hanya bisa menulis saja dan tidak bisa memeriksa ibu.

2.Turun bero memang dipakai dalam dunia penyakit kandungan dan kebidanan. Memang kalau turun bero, tentu akan mengganggu pembuahan. Untuk hal ini harus diperiksa dengan teliti dulu dan tentu banyak cara utk mengatasi turun bero. Pemberian obat juga mungkin akan membantu dalam hal tertentu dan yang masih ringan.

3. Sperma yg bening tidak harus berarti cair yg ibu maksudkan. Tidak juga berarti kualitas dan jumlah kurang. Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter andrologist atau laboratorium hitung sperma, utk menilai kekentalan dan jumlah sperma.

4. Untuk memeriksa kesuburan bisa dengan usg di ahli kandungan, biaya tergantung dokter kandungan. Ada yang hanya membayar dengan biaya yang cukup murah ada yang lebih tergantung kebiasaan dari dokter dan juga popularitas mungkin.

Sekian semoga membantu
Salam

Avatar of Gahrani, dr., Sp.OG
Dokter Spesialis Kandungan , Obgyn - Praktek di Rumah Sakit Ibu dan Anak Grand Family Jakarta Utara

Related Posts

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi Ibu Hamil

Kehamilan Beresiko Anak Cacat

Kehamilan Beresiko Anak Cacat

Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Bahayanya Sectio Caesar

Bahayanya Sectio Caesar

Related Posts

Haid pada ibu menyusui

Siang Dok! Saya ingin bertanya, istri saya sudah h...

Nyeri haid

Dok, saya mau bertanya tentang istri saya. Istri s...

Keputihan dan telat haid

Dok, Saya mau tanya mengenai keputihan dan haid ni...

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Pagi menjelang siang dok. Yang saya ingin tanyakan...

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Saya baru melahirkan dan di perut saya banyak tand...