Setelah Haid, Keluar Flek Coklat

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Selamat malam dok

Saya wanita berumur 2 tahun sudah menikah selama 1 tahun, tapi belum hamil juga. Yang saya ingin tanyakan adalah setiap bulan hari ke 14/15/16 setelah haid pasti keluar lendir dan terdapat flek coklat gitu, dan terasa sedikit agak gatal. Dulu pernah periksa ke dokter kandungan, tetapi sehat aja dok. Apakah flek itu bahaya dokter, apakah itu flek haid atau apa ya dok?

Terimakasih atas penjelasannya.

Salam sehat,

Siklus haid wanita biasa berlangsung selama 28 hari, kadang-kadang antara 21 - 30 hari, tentu berbeda pada semua wanita. Haid biasa berlangsung selama 5 hari, kadang 2 - 7 hari. Jumlah darah yang dikeluarkan pun bervariasi antara 10 - 85 cc, berbeda jumlahnya tiap harinya, mungkin pada hari pertama hanya bercak darah / flek kecoklatan, untuk keluarnya cairan kental itu normal terjadi pada 1 - 2 hari sebelum haid.

Apabila seorang wanita tidak menjaga kebersihan atau higiene kewanitaannya, maka keputihan tadi bisa menjadi media pertumbuhan bakteri dan jamur. Dimana memberikan gejala, gatal, cairan berubah warna dari putih kekuningan menjadi hijau, atau jumlahnya semakin bertambah banyak, sampai demam.

Ketidakteraturan haid, dapat disebabkan oleh stress pikiran, aktifitas fisik yang berlebihan, asupan nutrisi yang kurang, sedang dalam pengobatan obat tertentu, pemakaian suntik atau pil KB, serta adanya penyakit lain yang mendasari keluhan ketidakteraturan siklus haid, beberapa penyakit tersebut dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Solusi pertama adalah menghindari faktor penyebab dan menjaga kebersihan / serta menjaga tetap kering kemaluan anda. Apabila ketidakteraturan tersebut berlangsung lebih dari 3 bulan, anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter, ceritakan dengan lengkap segala keluhan, dari masa permulaan, penyebab, serta keluhan lain yang menyertai. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjut apabila diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam

Related Posts

Wanita Merokok dan Efek Kesehatannya

Wanita Merokok dan Efek Kesehatannya

Wanita, Penderita Utama Penyakit Otoimun

Wanita, Penderita Utama Penyakit Otoimun

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Wanita menopause juga bisa fit

Wanita menopause juga bisa fit

HARI IBU : Resep khusus untuk Ibu – Mother’s Day “Kiss”

HARI IBU : Resep khusus untuk Ibu – Mother’s Day “Kiss”

Related Posts

Haid pada ibu menyusui

Siang Dok! Saya ingin bertanya, istri saya sudah h...

Nyeri haid

Dok, saya mau bertanya tentang istri saya. Istri s...

Keputihan dan telat haid

Dok, Saya mau tanya mengenai keputihan dan haid ni...

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan

Dok, saya sudah mencoba berbagai cara menghilangka...

Cara Mengatasi Varises pada Perempuan

Dok, saya perempuan usia 25thn. Mau tanya soal var...