Perlukah minum obat anti hipertensi dan anti kolesterol seumur hidup?

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Dok, umur saya 29 tahun. saya mau tanya, awalnya saya tes treadmil. pada saat tes, diagnosa yang ditemukan dokter adalah hipertensi bukan jantung koroner. waktu itu tensi saya mencapai 150/90. selain itu saya juga melakukan cek darah dengan hasil sbb: trigliserida = 192, HDL = 40, LDL = 116, kolesterol total 194.
kemudian saya diberi resep cardisan 5mg, maintate 2.5 dan simvastatin 5mg (minum setengah).

yang mau saya tanyakan :
1. apa betul maintate 2.5 dan simvastatin fungsinya sama? (karena menurut apoteker itu sama saja). kalau benar, kenapa saya diberi 2 jenis obat yang fungsinya sama?
2. harus berapa lama saya mengkonsumsi maintate dan simvastatin? ini saya hampir sebulan mengkonsumsi kedua jenis obat itu.
3. bisakah cardisan diganti dengan mengkonsumsi bawang putih? karena saya tidak mau minum obat seumur hidup takut efek kimianya. selain itu, saya hampir setiap hari mengukur tekanan darah sendiri. rata2 tidak lebih dari 120/80.

Terima kasih atas perhatian dan sarannya.

salam sehat,
1. maintate dan simvastatin merupakan obat yang berbeda. maintate mengandung Bisoprolol fumarate yang berfungsi dalam memperbaiki kontraksi jantung dan biasanya digunakan pada pasien hipertensi (tekanan darah tinggi) dengan angina (nyeri dada) atau pada pasien gagal jantung. sedangkan simvastatin adalah obat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. jadi keduanya memiliki fungsi dan jenis yang berbeda.

2. maintate biasanya dikonsumsi untuk seumur hidup anda karena obat ini berperan dalam mempertahankan fungsi kontraksi jantung anda, tetapi lebih baik anda sering berkonsultasi ulang dengan dokter yang menangani anda untuk perubahan dosis selama pengobatan berlangsung. sedangkan simvatatin diminum selama 6-12 minggu bahkan lebih bila kadar kolesterol anda tidak menurun setelah minum obat. jangan lupa untuk berdiet rendah kolesterol selama meminum simvastatin sehingga kadar kolesterol lebih cepat turun dan anda lebih cepat terbebas dari obat ini.

3. yang perlu anda ingat adalah penderita hipertensi diharuskan menjaga tekanan darahnya dalam batas normal untuk seumur hidupnya, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi obat secara teratur. obat hipertensi menjaga tekanan anda dalam batas normal dan menurunkannya bila tinggi, tapi bila sudah terjaga normal maka obat tidak akan menurunkan tekanan darah anda. jadi obat ini aman untuk dikonsumsi tiap harinya.

semoga membantu

Avatar of Hygiena Kumala Suci, dr.
Dokter Umum di RSUD Landak, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Related Posts

Botol Pil Untuk Tunanetra

Botol Pil Untuk Tunanetra

Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Terapi AntiRetroviral untuk HIV / AIDS

Terapi AntiRetroviral untuk HIV / AIDS

Memahami Hasil Laboratorium pada Penyakit Jantung

Memahami Hasil Laboratorium pada Penyakit Jantung

Perempuan dan Penyakit Jantung

Perempuan dan Penyakit Jantung

Related Posts

Obat kutil kelamin

Dok, mau tanya kutil kelamin itu apa ya? Apakah ku...

Kolesterol tidak turun

Dok, langsung saja ya. Saya ingin bertanya tentang...

bagaimana menilai hasil cek gula darah dan kolesterol

dok saya mau tanya,,,kemaren ibuku baru cek darah ...

Pasien Jantung setelah perawatan ICU alami keringat dingin

Siang Dokter.. Saya ingin konsultasi mengenai peny...

Badan Pegal apakah karena haid atau kolesterol komsumsi kambing

Pagi Dok, Saya mau Tanya,apakah hubungannya, jika ...