Pemeriksaan hormon tiroid saya apa artinya ya dok?

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Dear dokter,

Beberapa hari yang lalu saya sempet cek hormon pada tes labolatorium di salah satu RS Swasta, tapi belum sempat saya konsultasikan hasilnya. Sebagai second opinion saya minta pendapat dokter mengenai hasil tes labolatorium hormon saya berikut ini:
T3 : 0.64
T4 : 6.16
TSH : 1.08

Mohon penjelasannya mengenai ketiga jenis tes hormon tersebut. Apakah hasilnya normal atau tidak, jika tidak apa yg harus saya lakukan selanjutnya? Dan sebenarnya tes hormon tersebut untuk mengecek apa ya dok? Karena pada waktu pemeriksaan saya mengkonsultasikan masalah berat badan saya yang semakin menurun dan mudah lelah
Thanks..

salam sehat,
bila satuan yang dipakai sebagai hasil test adalah mIU/L maka hasil tersebut masih dalam batas normal artinya fungsi kelenjar tiroid (gondok) anda masih dalam batas normal.
TSH adalah tiroid stimulating hormone yaitu hormon yang dilepaskan kelenjar hipofisis di otak untuk memicu pelepasan hormon tiroid dari kelenjar tiroid. sedangkan T3 dan T4 adalah bentuk hormon tiroid yang berkerja dalam tubuh. bila kadar T3 dan T4 tinggi menunjukkan kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid sedangkan bila rendah maka hipotiroid. sedangkan tinggi rendahnya TSH membantu dalam menentukkan apakah penyebabnya di kelenjar hipofisis (ditandai TSH tinggi) atau dari luar kelenjar hipofisis (TSH rendah).
bila perlu bawalah hasil test tersebut untuk dikonsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrinologi.

bila keluhan anda adalah berat badan yang semakin menurun dan mudah lelah tapi tidak ditemukan penyakit fisik pada tubuh anda, maka kemungkinan lainnya adalah adanya gangguan hormonal. dan salah satu gangguan hormon yang bisa menyebabkan berat badan turun dan mudah lelah adalah hipertiroid. hipertiroid terjadi akibat kelebihan hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar gondok. dan salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan pemeriksaan yang anda lakukan diatas.
semoga membantu

Avatar of Hygiena Kumala Suci, dr.
Dokter Umum di RSUD Landak, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Related Posts

Feromon, Si Hormon Cinta Anda

Feromon, Si Hormon Cinta Anda

Ternyata, Pria Juga Mengalami “Menopause”!

Ternyata, Pria Juga Mengalami “Menopause”!

Tes Widal Positif? Tidak Selalu Demam Tifoid!

Tes Widal Positif? Tidak Selalu Demam Tifoid!

Memahami Hasil Laboratorium pada Penyakit Jantung

Memahami Hasil Laboratorium pada Penyakit Jantung

Dengan Tes Darah Mungkin Dapat Memperkirakan Risiko Sakit Jantung

Dengan Tes Darah Mungkin Dapat Memperkirakan Risiko Sakit Jantung

Related Posts

Apakah tiroid bisa sembuh?

Dok, saya seorang perempuan berusia 18 tahun. Saya...

Eosinofil tinggi, alergikah?

Sore dok. Kemarin saya tes kesehatan di kantor, da...

Terlambat Mens Tetapi PP Test Negatif

Saya sudah menikah 6 bulan yg lalu. siklus mens sa...

Deteksi Tumor dan Kemoterapi

Dok, bapak mertua saya kemarin sempat didiagnosis ...

Mengurangi Hormon Androgen

Dok saya mau tanya bagaimana sih cara mengurangi p...