Keluar darah segar saat bulan pertama berhubungan

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Selamat siang Dokter,
Saya mau tanya. Saya baru sebulan menikah. Suatu saat ketika saya berhubungan dg suami (untuk kesekian kali), dari bagian kewanitaan saya mengeluarkan darah segar selang 15 menit setelah berhubungan. Saat berhubungan memang terasa sakit, tapi setelah itu biasa saja. Sewaktu pertama kalinya berhubungan tidak mengeluarkan darah seperti yang sekarang ini. Hanya ada seperti selaput merah kecoklatan tipis & sedikit yg keluar. Selama ini tidak pernah ada riwayat sakit dari saya. Mohon penjelasannya. Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Pertama kali berhubungan dengan suami anda (saat masih perawan), wanita memang umumnya mengeluarkan darah, walau tidak selalu, berupa darah merah kecoklatan yang biasanya disebabkan oleh robekan pada selaput dara setelah penetrasi penis.

Berikut-berikutnya apabila terjadi pendarahan setelah hubungan intim, atau yang lazim kita sebut dengan pendarahan pasca koitus (post-coital bleeding). Pendarahan jenis seperti ini banyak penyebabnya.

Sebelumnya, Ibu mungkin ada baiknya mengobservasi pendarahan pasca koitus ini.
1. Apakah hanya terjadi sesekali? Atau berulang-ulang setiap habis berhubungan?
2. Apakah anda berusia lebih dari >35 tahun?
3. Pernahkah anda melakukan pap smear sebelumnya?
4. Apakah anda berusia sangat muda (remaja), menggunakan pil KB, atau saat ini sedang hamil?

Bila hanya sekali itu dan tidak terjadi lagi, pendarahan ini kemungkinan besar bukan merupakan masalah. Umumnya dapat disebabkan oleh pendarahan akibat hubungan seks (lubrikasi kurang, misalnya) sehingga menyebabkan vagina berdarah. Atau ada kasus di mana wanita memiliki dinding vagina yang lebih rapuh, sehingga mudah berdarah.

Infeksi dapat menyebabkan dinding vagina yang lebih mudah berdarah juga. Tetapi biasanya ini disertai dengan keluhan lain seperti rasa terbakar ketika buang air kecil atau cairan yang keluar (keputihan yang abnormal). Kadang-kadang infeksi bisa muncul tanpa gejala juga.

Selain itu terkadang bila pendarahan dicurigai muncul dari mulut rahim, kondisi-kondisi seperti usia muda (remaja), penggunaan pil KB, ataupun kehamilan dapat menjadi penyebab pendarahan post-koitus. Hal ini dikarenakan adanya pembesaran kelenjar yang bersifat normal di daerah mulut rahim (cervical ectopii).

Mulut rahim yang memiliki polip juga bisa berdarah akibat sentuhan langsung, misalnya karena gesekan penis (karena polip memang lebih rapuh dan mudah berdarah), ataupun karena penetrasi oleh jari ataupun mainan seks.

Dan terakhir, gejala pendarahan post-koitus dapat terjadi akibat adanya keganasan di daerah mulut rahim. Penyakit ini memang biasanya tidak bergejala sampai sudah menyebar.

Post-coital bleeding yang berulang biasanya akan ditelusuri lebih lanjut bila dokter menemukan keganjalan di riwayat. Penyebab pendarahan bisa sederhana tapi bisa juga sangat kompleks. Oleh karena itu, anda tidak perlu panik. Bila khawatir, dapat diperiksakan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut. Terutama bila pendarahan terjadi setiap kali hubungan intim.

Saya harapkan informasi ini bisa membantu anda. Salam sehat untuk anda & suami!

Praktik: Jl. Pluit Karang Cantik Blok 04 Barat No: 19, Jakarta 14450 
10:00 – 12:00 WIB, 14:00 – 19:00 WIB

Related Posts

Hubungan Intim bagi Penderita Diabetes!

Hubungan Intim bagi Penderita Diabetes!

Menjaga Kesehatan Vagina

Menjaga Kesehatan Vagina

dispareunia

Dispareunia, Nyeri Saat Berhubungan Seks

posisi bercinta

Gaya Bercinta Dapat Tentukan Jenis Kelamin Anak Anda

Ejakulasi Tertunda

Related Posts

Banjir darah setelah telat haid?

Dok.. saya mau tanya.. sebelumnya saya telat haid ...

Menstruasi Pasca Curetase

Sore Dok, sy mau tanya, apakah kalau seorang wanit...

Pasca Operasi Caesar, Sakit Saat Melakukan Seks

Dok, kenapa ya pasca melahirkan  2 bulan lalu mela...

Saat Melakukan Seks Keluar Keputihan

Dok, saat melakukan hubungan seks banyak sekali ke...

Kapan Boleh Bercinta Setelah Operasi di Rahim?

Dok, kapan bisa mulai bercinta dengan suami setela...