bisakah mengobati vitiligo ?

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Malam Dokter, saya seorang ibu usia 33th, mempuyai vitiligo disekitar perut sejak tahun 2004, sudah diperiksa kebeberapa dokter sepesialis kulit tapi tidak ada perubahan, dan rata-rata mereka bilang itu sudah takdir, yang
saya tau bahwa vitiligo itu tidak menular tapi kenapa ya Dok, vitiligo juga diderita oleh anak saya satu-satunya laki-laki sejak awal tahun 2008 ini usianya baru lima tahun dan letaknya dilipatan paha sekitar kelamin, tolong bantu saya bagaimana agar vitiligonya tidak bertambah karena saya khawatir akan perkembangan fisiknya nanti!, apa penyebab timbulnya vitiligo pada anak saya?, apabetul cidera disekitar kepala dapat menimbulkan vitiligo? apa obat terbaik saat ini untuk vitiligo dan kerumah sakit mana di jakarta yang terbaik untuk penyembuhan vitiligo? saya berharap dokter dapat membantu saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih dan semoga Tuhan memberikan kebaikan yang berlimpah atas bantuan yang Dokter berikan pada kami yang sangat membutuhkan!

Vitiligo adalah kelainan pada kulit yang ditandai dengan
hipopigmentasi (pemudaran warna kulit) pada kulit. Kelainan ini bisa berifat menyeluruh atau hanya lokal di beberapa bagian tubuh saja.
Penyebab vitiligo yang pasti belum diketahui, diduga suatu penyakit herediter yang diturunkan secara autosomal dominan, dan penyakit ini tidak menular. Faktor pencetus pada vitiligo bisa bermacam - macam, seperti pada bekas tindakan bedah, gangguan emosi, stress psikis, trauma fisik, faktor hormonal seperti pada kehamilan. Jadi kemungkinan
vitiligo pada anak anda bisa disebabkan karena genetik yang
diturunkan. Cedera kepala yang anda sebutkan mungkin saja bisa juga menjadi faktor pencetus jika menyebabkan stress fisik yang hebat, jadi tergantung dari derajat lukanya dan kondisi fisik anak ibu.

Kelainan ini dapat mengenai seluruh bagian tubuh yang mempunyai sel melanosit (sel pigmen warna kulit). Dan biasanya lebih banyak pada daerah yang sering terpapar sinar matahari seperti sekitar mata, mulut, hidung, pergelangan tangan. Namun memang bisa juga mengenai bibir, gusi, atau sekitar alat kelamin yang lebih sedikit terkena sinar matahari.

Karena vitiligo mengganggu penampilan seseorang maka dapat dipakai zat warna topikal sebagai kamuflase untuk alasan kosmetik. Pada usia kurang dari 18 tahun pasien lebih baik hanya diobati saja dengan psoralen obat oles/ topikal kemudian didiamkan selama 15 menit kemudian dijemur selama 10 menit dibawah sinar matahari. Yang diharapkan adalah timbulnya kemerahan pada saat penjemuran pertama.
Terapi ini memang memakan waktu yang cukup lama, sekitar kurang lebih 6-18 bulan.

Pengobatan lain bisa dengan kortikosteroid, obat ini biasanya efektif pada vitiligo yang baru saja muncul dan bercak yang muncul hanya sedikit. Untuk orang dewasa juga diberikan
psoralen obat minum yang diikuti juga dengan gabungan sinar matahari atau sumber sinar yang mengandung ultraviolet gelombang panjang (ultraviolet A) bisa selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Cara lain yang lebih invasif seperti pembedahan dengan tandur kulit, kultur sel melanosit, atau depigmentasi kulit (memudarkan warna kulit yang tersisa agar sesuai dengan kelainan kulit). Namun cara ini juga belum dapat dipastikan keberhasilannya.

Terapi alternatif lain yang sekiranya mungkin dapat membantu adalah pemakaian antioksidan seperti konsumsi vitamin c dan vitamin e. Selain itu konsumsi asam folat dan vitamin B12 bisa juga membantu.

Untuk lebih pastinya saya menyarankan anda datang ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat keterangan dan pengobatan lebih lanjut tentang penyakit ini. Memang penyakit ini dapat diobati namun memang agak sulit untuk diobati, selain itu memang menbutuhkan waktu yang tidak sebentar, diharapkan ibu ikut juga mencari pengobatan yang
sesuai untuk ibu dan anak ibu. Jangan segan - segan bertanya pada dokter yang merawat dan tetap berusaha.

Semoga informasi ini berguna untuk ibu dan anak ibu. Terima kasih.

https://plus.google.com/+TanyaDok

Related Posts

Bercak Putih Vitiligo

Bercak Putih Vitiligo

Kencingku Manis? Apa Ini Diabetes?

17 Tanda Anak Menderita Sindroma Down

Pilih Mana : Cinta Atau DNA?

Pilih Mana : Cinta Atau DNA?

Kenali Ciri-ciri Sindrom Cushing

Related Posts

Penyakit vitiligo

Dokter saya terserang penyakit Vitiligo..? apakah ...

Mengatasi eksim menahun

Dok, saya punya alergi. sepertinya eksim menahun, ...

Kulit melepuh

Dok, saya mau tanya tentang anak saya.. saat ini u...

Bintik-bintik di Kulit

saya mau tanya dok.. saya mengalami bintik-bintik ...

Kulit merah dan mengelupas setelah mandi air panas yang mengandung belerang

Dok, saya mau tanya. Di bagian selangkangan paha, ...