Bentol di kulit yang hilang timbul dan gatal sekali

     

Dear,

Saya penderita gatal-gatal selama + 11 tahun. Usia saya saat ini 24 tahun, berat badan saya 42,5 kg, golongan darah saya O. Di kulit saya tumbuh bentol-bentol, merah dan sangat gatal sekali, jika digaruk keluar air yang sulit sekali kering, bentol-bentol tersebut awalnya kecil seperti digigit nyamuk namun bisa semakin membesar dan bengkak, bekas-bekasnya juga masih terasa gatal dan sulit sekali hilang. Badan saya tidak demam ataupun panas. Saya sudah minum bermacam-macam obat gatal atau alergi dan mengoleskan berbagai macam salep atau cream kulit tetapi tetap saja tidak sembuh-sembuh. Saya sudah ke beberapa dokter, namun tidak pernah sembuh total sampai sekarang, hanya mendingan saja, itupun bekas-bekasnya masih ada dan masih gatal walaupun ada sebagian yang hilang itupun dalam jangka waktu yang lama dan tetap disusul dengan tumbuhnya bentol-bentol bengkak tersebut di tempat yang lain hingga sekarang.
Saya sudah ke beberapa dokter umum (7 dokter umum) dan 2 dokter kulit. Ada dokter yang yang menyebutkan saya alergi, dermatitis atopik, ermatonodosum, scabies dll. Jika alergi terhadap makanan, tapi sudah 4 tahun saya tidak makan makanan seperti makanan laut dan telor. Dokter menyarankan untuk mandi menggunakan sabun bayi cair, namun tidak ada perubahan. Ada dokter yang menyarankan saya untuk tes darah dan dibiopsi. Terakhir sekitar 1,5 bulan yang lalu saya ke dokter umum dengan menggunakan Gluco Dr dan hasilnya normal begitu juga dengan tekanan darah saya pun hasilnya normal, tetapi maaf saya tidak memiliki dokumennya. Selain itu saya belum pernah melakukan tes apa-apa lagi. Dokter menyarankan saya untuk tes alergi di Klinik Alergi Indrayana Jakarta.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Sebenarnya saya menderita penyakit kulit apa dan disebabkan oleh apa?
2. Bagaimana pengobatan, pencegahan dan perawatannya?
3. Pemeriksaan atau tes apa sebaiknya yang harus dilakukan?
4. Jika tes darah, tes darah apa yang harus saya lakukan, di mana, berapa lama dan berapa biayanya?
5. Jika dibiopsi, di mana, berapa lama hasilnya dan berapa biayanya?
6. Apakah karena daya tahan tubuh saya yang lemah? Tetapi walaupun saya sudah minum supplemen atau vitamin yang bermacam-macam agar tidak gampang sakit, tetap saja tidak sembuh-sembuh.
7. Selain penyakit kulit di atas, saya juga sering terserang flu dan sakit perut.
Apakah ada hubungannya dengan penyakit kulit yang saya derita?

Saya mau upload foto-fotonya, tapi kok tidak ada tombol lampirkan atau browse file-nya ya bu? Bagaimana caranya?

Mohon diinformasikan kepada saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Regards,

salam sehat,
mohon maaf bila hingga saat ini belum ada layanan lampirkan gambar disini. saya akan coba menjawab dari gejala yang anda ceritakan. dari riwayat yang anda berikan, kecurigaan saya mengarah pada prurigo.
1. prurigo adalah penyakit kulit dengan manifestasi papuler (bentol) dengan kubah berisi air diatasnya yang bila digaruk akan pecah dan mengeluarkan air. prurigo ini sangat gatal dan sifatnya kronis dan kambuhan. kemudian pada prurigo ini bentol dan sekitarnya dapat membengkak dan memerah serta gatal dalam perkembangannya. sayangnya hingga saat ini penyebab prurigo belum diketahui penyebabnya. ada yang bilang karena alergi, daya tahan tubuh yg lemah, peka gigitan serangga, dan atopi. jadi memang belum pasti penyebabnya.
2. karena penyebabnya belum diketahui, maka pengobatannya bersifat simptomatis saja (hanya mengurangi gejala) jadi anda bisa diberikan berbagai macam sediaan yang akan mengurangi rasa gatal dan memberi rasa dingin. mungkin juga akan diberikan obat sedasi agar bisa tidur dan rasa gatal berkurang. untuk mencegah maka anda harus menghindari gigitan serangga, sumber alergi anda, menjaga kebersihan diri (mandi dengan air PK), menjaga daya tahan tubuh.
sebaiknya perawatannya dengan jangan menggaruk luka yang ada, taburkan bedak menthol pada bentol agar tidak gatal, dan berikan salep antibiotik bila ada bentol yang infeksi. intinya bentol tersebut jangan digaruk.
3 dan 4. karena penyebabnya belum pasti, makanya tidak ada pemeriksaan spesifik yang harus dilakukan. kalaupun harus memeriksakan diri mungkin adalah pemeriksaan skin test untuk alergi. tes ini bisa dilakukan di RSCM atau di klinik tersebut(bila domisili anda jakarta)dengan biaya Rp. 200.000-300.000. tes ini biasanya dilakukan sekali. untuk informasi lengkap dapat anda lihat di http://medicastore.com/asma/Tes_Alergi.php
5. saya tidak merasa anda perlu biopsi karena ini tidak mengarah ke keganasan
6. daya tahan tubuh yang lemah adalah salah satu penyebab yang diduga menimbulkan prurigo. selain suplemen, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menggemukkan badan (anda terlalu kurus), makanlah makanan 4 sehat lima sempurna, dan seringlah makan dengan porsi sedang dan sering. bila perlu minum susu penambah berat badan. lakukan olahraga minimal 30 menit sehari. dengan begitu diharapkan daya tahan tubuh meningkat.
7. flu dan sakit perut merupakan penyakit yang sring timbul bila daya tahan tubuh sedang lemah. tapi tidak ada hubungannya dengan penyakit kulit anda. tapi faktor resikonya sama yaitu daya tahan tubuh yang lemah.
tentu saja perkiraan saya masih bisa salah karena saya tidak melihat langsung. karena itu saya tetaplah menyarankan anda berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin konsultan imunologi untuk lebih pastinya.
semoga berguna

Avatar of Hygiena Kumala Suci, dr.
Dokter Umum di RSUD Landak, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Related Posts

Lansia rentan penyakit kulit

Penyakit Kulit pada Lansia

Leishmaniasis - Koreng Kulit

Koreng pada Kulit akibat Leishmaniasis

Rehabilitasi untuk penderita kusta

Rehabilitasi untuk penderita kusta

Kusta : Apakah bisa disembuhkan?

Kusta : Apakah bisa disembuhkan?

Penyakit Graves

Penyakit Graves

Related Posts

Tips Agar Cacar Tidak Membekas

Tips agar bekas cacar tidak membekas bagaimana ya ...

Cacar Ular

Dok, cacar ular itu bagaimana gejalanya, di kulit ...

Cacar Air

Dok, anak saya ada bentol-bentol sehabis demam? Ap...

Penyebab Hidung Tersumbat Setiap Bangun Tidur

dok, aku mau tanya dong.. kenapa yaa kalau setiap ...

Keloid Timbul karena Faktor Turunan?

Dok mau nanya nih, timbul keloid atau bekas luka i...