Batuk Berdahak Yang Tak Kunjung Berhenti

     

Dok, saya mau nanya suami saya punya sakit paru dan sekarang sementara berobat 6 bulan. Batuk disertai dahak, dan sudah minum beberapa macam jenis obat batuk, tapi kok sampai sekarang batuknya tidak sembuh juga?

Itu yang membuat dadanya sakit. Lalu berat badan juga tidak mau naik. Pertanyaan saya:

Obat apa yang manjur untuk batuk berdahaknya?  dan obat untuk menaikkan berat badan yang cocok diminum bersamaan dengan obat paru?

Mohon infonya dok..

Terima kasih

Salam sehat!

Kapankah suami sobat mulai pengobatan selama 6 bulan?
Batuk lama dimana batuk terjadi lebih dari 2 minggu sebaiknya diperiksakan ke dokter. Hal ini karena kemungkinan penyebab dari batuk berdahak, antara lain:

1. TBC : jika suami pernah berobat 6 bulan sebelumnya kemungkinan untuk terjadi lagi tetap masih ada. Pada TBC, gejala yang khas adalah batuk lebih dari 2 minggu, berat badan menurun diikuti nafsu makan menurun. Biasanya untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan dahak sebanyak 3 kali.

2. Bronkitis kronis : hal ini juga memungkinkan suami sobat menderita batuk berkepanjangan. Pada bronkitis kronis biasanya gejala berupa batuk berdahak banyak sekali, terjadi selama minimal 3 bulan dalam 1 tahun dalam 2 tahun berturut-turut.

3. alergi : biasanya dipengaruhi oleh zat-zat alergen seperti debu atau udara dingin. biasanya terjadi ketika terpapar zat alergen tapi diluar itu, tidak terdapat gejala.

yang paling sering adalah TBC.

Jika TBC, apa saja pemeriksaan yang akan dijalani?
Anda tidak perlu khawatir, karena pemeriksaan yang akan dilakukan tidak membutuhkan biaya yang besar atau bisa saja gratis. adapun pemeriksaannya adalah: pengambilan sputum atau dahak pada saat anda datang pertama kali dan dahak pagi di ke esokan harinya dan dahak sewaktu anda datang kembali, jadi ade tiga contoh dahak yang akan diambil dan diperiksakan nantinya.

Kapan hasilnya di katakan positif?
Jika pada hasil pemeriksaan didapatkan Basil Tahan Asam pada dahak dengan jumlah yang banyak.

Obat apa yang harus diminum?
Pada pengobatan TBC ini obat yang digunakan adalah sangat berbeda dari pengobatan infeksi pada umumnya. Terapi pada penyakit ini menggonakan lebih dari satu jenis antibiotik dengan spesifikasi berbeda, di karenakan bakteri pada penyakit ini cukup bendel dan harus membutuhkan lebih dari satu jenis antibiotik.

Berapa lama harus menjalani pengobatan ?
Ada dua jenis tahapan pengobatan pada penyakit ini, yakni ; terkhusus untuk dewasa ada 2 kategori yakni untuk penderita baru biasa disebut pengobatan kategori I (pertama) dan penderita kambuh atau pada pengobatan pertama tidak tuntas disebut kategory II (kedua).

Mengenai berat badan, jika penyebab dari batuk lama sudah diobat diharapkan berat badan dapat naik kembali.


Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tanya Jawab TB

Tanya Jawab TBC

Mengenal MDR TB

Tanya Jawab MDR TB

tuberkulosis

Tuberkulosis Paru, Harus Selalu Diwaspadai…

TBC Paru

Tuberkulosis Paru: Penyebab Kematian Ke-2 Di Indonesia

batuk

Batuk !!! Reaksi Alami atau Penyakit ???

Related Posts

Bisakah penderita Tuberkulosis paru sembuh?

saya mempunyai seorang kakak laki-laki umur 22th, ...

Tulang Ngilu = TBC Tulang?

Dok saya mau nanya, kan waktu itu suami saya menga...

Penderita TBC Paru yang putus obat

permisi dok numpang tanya ,,saya di vonis paru tbc...

Ciri-ciri anak kena TBC?

Dok tolong donk penjelasannya mengenai ciri-ciri a...

Suntik mantoux, buat apa ya?

dok, Saya mau tanya.. Anak saya sekarang berumur 1...