Bagaimana merangsang pertumbuhan tinggi badan ?

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Dok, saya mau konsultasi tentang tinggi badan saya di umur saya skrg ini yg sudah mencapai 19 th, tinggi badan saya baru +/- 165 cm, saya ingin lebih tinggi lagi, kira2 apa solusi utk mempercepat merangsang pertumbuhan tinggi badan saya ya?

terimakasih.

Salam sehat,

Sebelumnya mari kita bahas satu persatu tentang pertumbuhan tinggi manusia. Tentu sejak lahir, dari hari ke hari, tubuh kita bertumbuh semakin tinggi, namun pertumbuhan tersebut semakin cepat saat kita memasuki masa pubertas, sekitar usia 12 - 13 tahun, dan perlahan menurun dan berhenti setelah usai masa pubertas (sekitar usia 21 - 25 tahun), tentu tergantung juga dari kapan menutupnya cakram pertumbuhan pada tulang kita.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi adalah kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh kita, dimana berfungsi untuk menebalkan dan memanjangkan tulang kita, hormon ini diproduksi saat kita tidur terlelap dalam suasana tenang dan nyaman, tentu bukan tidur berlebihan atau tidur yang kurang. Seorang remaja disarankan tidur 6 - 8 jam sehari selama masa pubertasnya, demi mencapai pertumbuhan tinggi badannya yang ideal.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah olahraga minimal 30 menit sehari, juga dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan ini, olahraga yang disarankan adalah cardio, seperti berlari, berenang, dan bersepeda, menurut penelitian, meregangkan otot (stretching) 2 jam sebelum tidur juga memberikan hasil signifikan dalam pertumbuhan tulang.

Mengatur pola makan dan asupan nutrisi, sarapan dengan menu yang seimbang merupakan hal yang penting, selanjutnya makan makanan dengan porsi kecil-kecil (5-7 kali sehari) lebih disarankan daripada makan makanan porsi besar (3 kali sehari), karena saat makan makanan porsi besar, tubuh kita memproduksi hormon insulin yang menekan produksi hormon pertumbuhan. Pemilihan menu makanan sebaiknya mengandung protein dan kalsium yang cukup, misalnya susu, yogurt, keju, telur, daging ikan, gandum-ganduman (oat), juga asupan vitamin misalnya jus jeruk.

Yang perlu dihindari saat ingin mencapai tinggi badan yang ideal adalah konsumsi alkohol dan minuman bersoda berlebih, merokok, kurang tidur, stress pikiran, kelainan pencernaan, dan kurang olahraga. Konsumsi obat-obatan untuk merangsang tinggi tentu dapat menjanjikan, namun mustahil apabila anda tidak menjalani hal-hal diatas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Salam

Related Posts

Suplemen Protein pada Pria, Amankah?

Suplemen Protein pada Pria, Amankah?

Memahami 6 Bulan Pertama Tumbuh Kembang Anak

Memahami 6 Bulan Pertama Tumbuh Kembang Anak

Bagaimana Memprediksi Tinggi Badan?

Bagaimana Memprediksi Tinggi Badan?

Bagaimana dan Kapan Gigi Anak Mulai Tumbuh?

Bagaimana dan Kapan Gigi Anak Mulai Tumbuh?

Pahami Perkembangan Ajaib Si Kecil

Pahami Perkembangan Ajaib Si Kecil

Related Posts

Menambah tinggi badan

Salam sehat Dok. Saya merasa tubuh saya pendek. Ap...

Pertanyaan Kesehatan Seputar Pertumbuhan Tinggi Badan

Dear dokter, saya ada beberapa pertanyaan Tanya : ...

Pertumbuhan tinggi badan anak kurang optimal ?

dok, saya punya anak laki2 umur 13 th,kenapa ya?  ...

Anak 19 Bulan Terlambat Bicara?

Dokter, Tolong infonya donk ciri-ciri anak mengala...

4 Bulan 5,5 Kg. Normalkah Berat Badan Anak Saya?

Dear dok,,, Saya seorang karyawan swasta yang memi...