Apa itu jerawat dan komedo?

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Dok, sebenarnya apa itu jerawat dan komedo? Apa yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo?
Mengapa ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap seafood, kacang, coklat, dll, tapi yang lainnya tidak?
Dan bagaimana cara pencegahan maupun perawatan / penyembuhan untuk jerawat dan komedo?

Terima kasih atas pertanyaannya.

Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori yang berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Wajah berkomedo akan terlihat kotor dan kusam. Komedo muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati.
Ada dua jenis komedo:

1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara dan menghitam karena penumpukan debu dan kotoran.
2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit, berupa kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih atau kekuningan.

Biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung, dan dagu), juga di bawah mata dan pipi. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsang jerawat-jerawat yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi/bernanah.

Komedo muncul akibat dari kurang membersihkan wajah sehingga masih terdapat kotoran, debu dan sisa make up di wajah, mengakibatkan tertutupnya pori pori wajah sehingga bermunculanlah komedo terutama diarea T wajah, yaitu dahi dan hidung yang produksi minyaknya banyak.

Langkah dasar cara mengatasi komedo dan jerawat:

1. Kenali Jenis Kulit
Biasanya, komedo dan jerawat mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, maka pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai yaitu untuk kulit berminyak/berjerawat.

2. Pilih pembersih yang tepat, yang dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan. Jangan malas membersihkan atau mencuci muka dengan pembersih wajah khusus kulit berminyak/berjerawat, setiap sehabis beraktivitas atau menggunakan make-up. Pastikan wajah Anda tetap bersih, dan selalu membasuh wajah dengan air dingin.

3. Pilihlah kosmetik yang Non-Comedogenic. Jangan pakai kosmetik yang bisa menimbulkan komedo seperti susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama, bisa menimbulkan komedo bahkan jerawat. Jadi pilih kosmetik ringan khusus kulit berminyak/berjerawat yang berbahan dasar air dan gunakan hanya bedak bubuk/tabur.

4. Pilih pelembap yang cocok bagi kulit berminyak, gunakan pelembap oil free atau berbahan dasar air.

5. Agar komedo serta jerawat tidak tumbuh subur, hindari makanan berminyak dan bersantan. Terutama bila memang anda alergi terhadap makanan/zat tertentu seperti seafood, kacang, dan lainnya. Alergi bisa disebabkan oleh keturunan dan lingkungan, yang menyebabkan kulit bereaksi seperti gatal-gatal, bengkak, merah dan sebagainya.

6. Minum air putih sebanyak mungkin. Hidup sehat dan cukup gizi. Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin sangat diperlukan bagi regenerasi kulit, terutama vitamin E dan C.

7. Diet dan batasi mengkonsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.

8. Konsultasi ke Dokter Kulit terdekat
Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat/krim tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan chemical peeling dengan GA/TCA untuk mengeringkan dan mengelupaskan komedo serta jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid (minimal 2x sebulan dan bila komedo sudah berkurang lakukan minimal 1x sebulan). Kurangi pemijatan muka saat facial, agar kelenjar minyak tidak aktif berproduksi.

Semoga membantu

Related Posts

Dikerok, Kok Bisa Merah?

Dikerok, Kok Bisa Merah?

Wanita Merokok dan Efek Kesehatannya

Wanita Merokok dan Efek Kesehatannya

Kenali dan Perangi si Jerawat di Masa Remaja

Kenali dan Perangi si Jerawat di Masa Remaja

10 Kebiasaan yang Harus Diterapkan untuk Mengatasi Jerawat

10 Kebiasaan yang Harus Diterapkan untuk Mengatasi Jerawat

Asma

Asma

Related Posts

Cacar Air

Dok, anak saya ada bentol-bentol sehabis demam? Ap...

Penyebab Hidung Tersumbat Setiap Bangun Tidur

dok, aku mau tanya dong.. kenapa yaa kalau setiap ...

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan

Dok, saya sudah mencoba berbagai cara menghilangka...

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Saya baru melahirkan dan di perut saya banyak tand...

Tato , apakah baik untuk kesehatan kulit atau tidak

Saya ingin buat tato dok, apakah itu baik untuk ke...