Air seni keruh, mengapa?

     

Dok, saya mau tanya, saya pria berumur 18 tahun. Terkadang jika membuang air kecil, air seninya keruh, biasanya terjadi saat pertama kali keluar, kadang pula keruhnya itu datang belakangan. Apakah ini berbahaya? Saya sempat berpikir kl itu adalah sperma yang bercampur dengan air seni. Karena biasanya memang seperti itu jika beberapa saat sebelum buang air kecil saya onani. Terima kasih dok.

Salam sehat,

Air seni yang keruh bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena pengaruh obat yang dikonsumsi, bisa karena gangguan pada saliran kemih. Namun yang paling sering biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau biasanya disingkat dengan ISK.

Oleh karena itu perlu diketahui apakah selain air seni yang keruh juga terdapat tanda dan gejala lain seperti nyeri saat berkemih, terasa panas, nyeri pinggang dan hal-hal lainnya yang kemudian akan lebih memperjelas apa yang anda alami.

Secara normal sperma dan air seni tidak bisa bercampur karena pada saat sperma keluar, tubuh secara otomatis akan menutup saluran air seni dari uretra dan sebaliknya. Jika apa yang anda alami terus berlanjut tidak ada salahnya anda menemui urolog dan berkonsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.