Syarat dan Ketentuan Konsultasi TanyaDok.com

Ketentuan Umum

  1. Layanan Tanya Dokter online atau daring dalam TanyaDok adalah layanan tanya jawab langsung dengan dokter yang tergabung dalam jejaring komunitas dokter TanyaDok yang bisa dilakukan melalui media sosial TanyaDok yaitu Facebook TanyaDok (www.facebook/com/TanyaDokteranda) dan Twitter (www.twitter.com/TanyaDok) ataupun melalui sistem Tanya Dokter “Tanya” atau “Tanya Privat” pada situs web TanyaDok (www.TanyaDok.com).
  2. Layanan Tanya Dokter online dalam TanyaDok dapat diakses melalui menu TanyaDok Live.
  3. Semua Pengguna layanan Tanya Dokter ini wajib membaca semua syarat dan ketentuan yang tertulis pada dokumen ini. Dengan penggunaan layanan ini maka secara otomatis pengguna menyatakan persetujuannya untuk tunduk terhadap semua syarat dan ketentuan yang dituliskan dalam dokumen ini.
  4. TanyaDok berhak untuk melakukan perubahan atau pembaharuan terhadap dokumen syarat dan ketentuan Penggunaan Layanan Tanya Dokter dalam TanyaDok tanpa sebelumnya memberikan pemberitahuan kepada Pengguna TanyaDok. Oleh karena itu, Pengguna TanyaDok wajib untuk memperbaharui informasi-informasi yang diketahuinya mengenai Penggunaan layanan tanya dokter dengan mengakses dokumen syarat dan ketentuan Penggunaan Tanya dokter TanyaDok secara berkala.
  5. Pertanyaan yang ditanyakan melalui media sosial akan muncul ke ruang publik seperti yang diatur dalam syarat dan ketentuan yang berlaku dan mengikat bagi semua pengguna layanan media sosial Facebook dan Twitter. Oleh karenanya Pengguna tidak berhak atas kerahasiaan medis padanya dan TanyaDok melepas semua tanggung jawab terkait kerahasiaan medis bagi Pengguna yang bertanya melalui media sosial TanyaDok.
  6. Pertanyaan yang ditanyakan melalui layanan ini bisa ditanyakan secara privat melalui “Tanya Privat” ataupun terbuka ke ruang publik melalui “Tanya” yang adalah layanan gratis.
  7. Ruang publik yang dimaksudkan di atas adalah ruang lini massa pada situs web TanyaDok pada laman Tanya Dokter LIVE. Pada laman ini semua orang yang membuka situs web TanyaDok baik yang sudah terdaftar menjadi anggota maupun yang tidak terdaftar menjadi anggota dapat melihat pertanyaan dan jawaban.
  8. Semua Pengguna layanan tanya dokter dengan pilihan “Tanya” secara langsung menyetujui bahwa konten beserta identitas Pengguna yang menggunggah konten dapat terlihat oleh publik. Konten yang dimaksudkan ini adalah segala informasi medis yang merupakan milik Pengguna atau pihak lain yang seharusnya menjadi kerahasiaan medis.  Risiko atas keterbukaan konten ini adalah informasi medis yang terkandung dalam konten ini bisa disalahgunakan oleh pihak lain yang dapat menyebabkan kerugian baik materi maupun nonmateri pada Pengguna.
  9. Sesuai dengan ketentuan pada poin 7 di atas maka TanyaDok tidak bertanggung jawab atas penjagaan kerahasiaan medis Pengguna tersebut karena Pengguna sudah memberikan persetujuannya dan sudah memberitahukan informasi medis Pengguna kepada khalayak umum. Penjawaban dari pihak TanyaDok atas konten tersebut merupakan hak jawab dan pihak TanyaDok termasuk tim dokter TanyaDok dibebaskan dari kewajiban untuk menjaga kerahasiaan medis Pengguna tersebut.
  10. Ruang privat yang dimaksudkan adalah pesan privat yang dikirimkan oleh penanya kepada tim dokter TanyaDok yang melalui sistem pesan privat dalam situs web TanyaDok. Pesan privat ini hanya akan bisa dilihat antara penanya dan dokter yang menjawab sehingga bersifat privat.
  11. Untuk semua Pengguna layanan “Tanya Privat”, TanyaDok menjamin kerahasiaan medis melalui keamanan sistem “Tanya Privat” ini dengan menggunakan sistem yang khusus hanya untuk Pengguna terdaftar dan dilindungi dengan kata sandi yang unik untuk masing-masing pemilik akun.
  12. Adanya tindakan peretasan oleh karena kelalaian Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna. TanyaDok tidak akan bertanggung jawab atas hal ini dan berhak untuk dibebaskan dari segala tuntutan dan ganti rugi yang terjadi di kemudian hari.
  13. Pihak TanyaDok berhak untuk memublikasikan beberapa pertanyaan berikut jawabannya yang dianggap menarik. Publikasi pertanyaan dan jawabannya yang terpilih akan dilakukan secara anonim tanpa memasukkan identitas Pengguna yang bertanya.
  14. Semua pengguna TanyaDok wajib untuk membaca dengan seksama semua syarat dan ketentuan yang tercantum dalam dokumen syarat dan ketentuan ini sebelum menggunakan Layanan Tanya Dokter pada TanyaDok dan fitur-fitur di dalamnya. Bagi Pengguna yang tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini maka Pengguna diharapkan untuk tidak menggunakan TanyaDok dan fitur-fiturnya. Bagi semua Pengguna yang sudah membaca dokumen ini dan menggunakan TanyaDok dan fitur-fiturnya maka secara langsung Pengguna menyetujui untuk tunduk atas semua syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini.
  15. Syarat dan ketentuan yang tertulis dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Tanya Dokter pada TanyaDok dapat diubah atau diperbaharui oleh TanyaDok atau Atoma tanpa sebelumnya memberitahukan kepada Pengguna. Pada saat terdapat pembaharuan atau perubahan atas syarat dan ketentuan, maka syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang semua syarat dan ketentuan yang tertulis pada dokumen terkini. Oleh karena itu, Pengguna berkewajiban untuk terus memperbaharui informasi mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan secara rutin membuka laman dokumen Syarat dan Ketentuan pada TanyaDok. Apabila Pengguna tetap menggunakan TanyaDok dan fitur-fiturnya maka secara langsung Pengguna sudah menyetujui untuk tunduk pada perubahan atas syarat dan ketentuan terkait Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Tanya dokter TanyaDok.

Ketentuan Khusus

  1. Jam layanan Tanya Dokter pada TanyaDok adalah Senin-Minggu pukul 08.00 – 22.00 WIB.
  2. Semua pertanyaan yang masuk akan dijawab oleh tim dokter yang tergabung dalam komunitas TanyaDok. Dokter dalam hal ini adalah dokter atau dokter gigi yang sudah mendapatkan Surat Tanda Registrasi tetap maupun sementara yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku.
  3. Jenis pertanyaan yang dilayani adalah pertanyaan terkait kesehatan dan medis yang berunsur promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Informasi lainnya yang masih berhubungan dengan informasi kesehatan lainnya hanya akan dijawab bila informasi jawaban adalah informasi yang dapat diakses publik, misalnya pertanyaan mengenai alamat rumah sakit terdekat yang melayani Kartu Jakarta Sehat. Pertanyaan yang jawabannya mengandung unsur opini dan mengandung informasi yang tidak bisa disebarluaskan kepada publik tidak akan dijawab oleh dokter konsultasi, misalnya dokter spesialis mata yang terbaik se-Jakarta.
  4. Pertanyaan hanya dilayani dalam Bahasa Indonesia.
  5. Layanan Tanya Dokter publik atau terbuka hanya akan dilayani sesuai dengan kompetensi dokter penjawab. Layanan Tanya Dokter dengan menggunakan jalur privat dimungkinkan untuk dilayani oleh dokter spesialis namun, dengan ketentuan sebelumnya harus dijawab oleh dokter umum terlebih dahulu. Rujukan pertanyaan kepada dokter spesialis hanya bisa dilakukan apabila dokter umum yang menjawab melakukan perujukan ke dokter spesialis terkait. Oleh karena itu Pengguna tidak bisa langsung bertanya kepada dokter spesialis.
  6. Penjawaban pertanyaan TIDAK akan memberikan diagnosa kerja atau diagnosa pasti. Diagnosa yang bisa dituliskan hanyalah berupa perkiraan diagnosa atau kemungkinan diagnosa banding.
  7. Penjawaban pertanyaan TIDAK akan memberikan terapi definitif dalam bentuk obat-obatan ataupun tindakan medis karena TIDAK ada diagnosa kerja atau diagnosa pasti.
  8. Penjawaban pertanyaan hanya bisa memberikan saran atau nasehat.
  9. Penjawaban pertanyaan TIDAK mempromosikan atau menjelekkan sebuah merek atau pihak tertentu.
  10. Semua interpretasi terhadap pernyataan yang dituliskan dalam jawaban pertanyaan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari Pengguna. Pengguna layanan Tanya Dokter pada TanyaDok sangat dihimbau untuk selalu berkonsultasi langsung kepada dokter keluarga atau dokter yang bertanggung jawab atas pengobatan dirinya sebelum memulai, mengubah atau memberhentikan sebuah terapi pengobatan yang sedang berlangsung. Pengguna layanan juga selalu diharapkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter keluarga atau dokter lainnya apabila timbul suatu keluhan medis.
  11. Semua informasi yang diberikan dalam jawaban atas pertanyaan TIDAK diperuntukkan sebagai suatu diagnosa medis ataupun terapi medis.
  12. Pernyataan Ketidaksetaraan: Semua informasi kesehatan yang didapat dalam layanan tanya dokter pada TanyaDok TIDAK dapat menggantikan sebuah konsultasi tatap muka dokter-pasien dan pemeriksaan fisik oleh seorang dokter.
  13. Suplementasi: Semua informasi yang didapat dari layanan tanya dokter  pada TanyaDok hanyalah merupakan penambahan dan suplementasi terhadap informasi medis yang didapat dari sebuah konsultasi tatap muka dokter-pasien dan pemeriksaan fisik oleh seorang dokter.
  14. Apabila terdapat ketidaksepahaman antara informasi yang didapat melalui layanan ini dan informasi yang diberitahukan langsung oleh dokter keluarga atau dokter yang bertanggung jawab atas diri Pengguna, maka sangat dihimbau bagi Pengguna untuk bertanya dan mengonfirmasi ulang informasi kesehatan ini dengan dokter keluarga atau dokter yang bertanggung jawab atas diri pengguna layanan tanya dokter pada TanyaDok.
  15. Pembebasan Tuntutan: Semua Pengguna layanan tanya dokter pada TanyaDok bertanggung jawab penuh atas intepretasi dan penggunaan dari informasi kesehatan yang didapat dari layanan ini, maka dinyatakan dengan tegas bahwa pihak dokter yang memberikan konsultasi dan pihak TanyaDok dalam hal ini termasuk pihak Atoma TIDAK bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi akibat interpretasi dari pengguna layanan dan berhak untuk dibebaskan dari segala tuntutan yang terjadi di kemudian hari.
  16. Keterbatasan: Pengguna layanan Tanya Dokter pada TanyaDok, dengan telah menyatakan persetujuannya untuk menggunakan layanan ini, harus menyadari adanya keterbatasan dari layanan ini dibandingkan dengan konsultasi medis tatap muka dokter-pasien, yaitu adalah:
  • Pengguna layanan tidak secara langsung berkonsultasi secara tatap muka kepada dokter, melainkan melalui perangkat lunak dan sistem layanan TanyaDok atau melalui jalur percakapan pribadi TanyaDok.
  • Pengguna layanan tidak dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter dan tidak dapat dilakukan tes kesehatan untuk hasil pemeriksaan fisik.

Oleh karena keterbatasan ini, maka Pengguna diharapkan untuk langsung menghubungi rumah sakit terdekat atau pelayanan kesehatan terdekat bila terjadi suatu kegawatdaruratan medis.