Merah-merah pada Kulit, bisa jadi Henoch Schonlein Purpura Tanya dokter, gratis konsultasi. Cari rumah sakit dokter klinik. Artikel kesehatan anak ibu hamil wanita cantik penyakit jantung diet sehat langsing fitness

Merah-merah pada Kulit, bisa jadi Henoch Schonlein Purpura

     

Penyakit apa itu?

Mungkin nama penyakit ini masih asing terdengar di telinga kita karena memang penyakit ini jarang ditemui. Namun yang perlu diketahui, penyakit satu ini sering terjadi justru pada anak-anak, yang dapat menyebabkan kelainan ginjal yang juga bisa berakibat fatal. Jadi, marilah kita meluangkan sedikit waktu untuk membaca sekilas tentang penyakit ini.

Penyakit ini adalah penyakit yang mengenai pembuluh darah, dimana terjadi radang pada kulit, ginjal, sendi dan saluran cerna. Jadi jangan heran jika yang terkena penyakit ini bisa punya keluhan bermacam-macam. Gejala yang timbul bisa dimulai dari merah-merah pada kulit, sakit-sakit di sendi, sakit perut, kencing merah (darah), bahkan bengkak-bengkak pada tangan, kaki, kepala dan telinga. Walaupun gejalanya bermacam-macam seperti ini, penyakit ini sebenarnya dapat sembuh sendiri.

Sakit langka ini sudah ditemukan sejak lama, yaitu tahun 1801 dimana dokter Jerman yang melihat adanya gejala-gejala ini. Penyakit ini juga tidak perlu ditakuti karena hanya 5% yang berlangsung menjadi kronis dan hanya  1% yang berakhir dengan gagal ginjal. Di Amerika sendiri penyakit ini mengenai 14 anak/100000 anak dan 2 kali lebih sering pada anak laki-laki. Seringnya penyakit ini terjadi pada usia 5 tahun, jika diderita pada usia lebih muda, umumnya gejalanya lebih ringan. Di indonesia sendiri belum diketahui dengan jelas sehingga pendataannya juga kurang jelas mengenai penyakit ini.

Seratus persen kasus ini ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit, biasanya dari kaki dan bokong, tapi bisa juga mengenai lengan, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Khasnya yaitu muncul bengkak berwarna kemerahan seperti digigit serangga yang kemudian bertambah besar dan terlihat seperti berdarah. Pada kasus yang berat, bengkak ini bisa berdarah atau menjadi luka bernanah.

Keluhan tersering berikutnya adalah sakit perut, yang terjadi pada 65% kasus, sakit hilang timbul, bisa bertambah parah sampai muntah. Buang air besar juga bisa berdarah bahkan muntah darah. Penyakit ini mirip dengan gejala-gejala penyakit di daerah perut yang lebih serius. Bisa juga ada keluhan sakit-sakit sendi, terasa bengkak, hangat dan sakit di sendi tangan dan kaki.

Lalu, yang paling ditakutkan oleh kita semua yaitu jika penyakit ini telah mengenai ginjal. Biasanya pasien dengan pemeriksaan ginjal yang tidak normal lebih berisiko untuk terjadinya kerusakan ginjal ini, misalnya kencing berdarah. Yang paling kita takutkan lagi yaitu jika sampai menyebabkan gagal ginjal.

Sebenarnya untuk melihat penyakit ini tidaklah susah. Cukup ingat 4 GEJALA: JARS (joint, abdominal, renal, skin). Tidak ada pemeriksaan laboratorium yang khas untuk penyakit ini. Namun karena kecurigaan mengarah ke autoimun, maka baik juga jika dilakukan pemerisaan IgA (pemeriksaan untuk menilai imun seseorang). Pemeriksaan lain yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan ginjal yang sebaiknya dilakukan tiap bulan.

Tidak ada pengobatan spesifik untuk sakit ini karena 94% anak bisa sembuh sendiri. Istirahat yang cukup, nutrisi dan minum yang cukup sangat diperlukan. Obat antiinflamasi nonsteroid dan asetaminofen juga bisa diberikan untuk meringankan sakit sendi yang dirasakan. Steroid juga dapat diberikan jika kemerahan pada kulit parah, bengkak, sakit perut hebat, ataupun adanya keikutsertaan ginjal, buah zakar, dan testis). Aspirin harus dicegah pada anak-anak karena dapat menyebabkan Reye’s syndrome (bengkak pada hati dan otak). Pengobatan dengan obat-obatan keganasan sampai sekarang masih kontroversial karena setelah diteliti penyakit ini dapat sembuh dengan baik dalam 4-6 minggu. Catatan yang penting adalah tetap melakukan kontrol karena tingkat kekambuhannya yang cukup tinggi.

Akhir kata, penyakit Henoch Schonlein ini secara umum memang termasuk penyakit yang ringan namun harus diwaspadai. Mengapa? Karena sering kambuh dan bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang merupakan hal yang sangat kita takuti. So.. be aware with our child

 

Related Posts

Kencing Berdarah: Stop Khawatir, Periksakan Segera!

Kencing Berdarah: Stop Khawatir, Periksakan Segera!

Related Posts

Beberapa hari Buang Air Kecil berdarah dan nyeri

selamat sore dokter, saya mau tanya 2hari saya ken...

Kencing darah

Dok.. saya mau konsul donk.. yang pertama mulai ti...

Kencing Berdarah pada Wanita

Dok, saya mau bertanya nih tentang kencing berdara...

Kencing Berdarah

Selamat pagi, dok. Akhir-akhir ini ibu saya mengal...

Kencing Berdarah dan Bernanah, Apakah Berbahaya ?

Selamat sore dok, pertama tama yang saya alami ada...