Kiat Atasi Kulit Kering Tanya dokter, gratis konsultasi. Cari rumah sakit dokter klinik. Artikel kesehatan anak ibu hamil wanita cantik penyakit jantung diet sehat langsing fitness

Kiat Atasi Kulit Kering

  Tanya dokter gratis video chat call. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Memiliki kulit yang kering memang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Selain tidak enak dilihat mata, kulit kering juga dapat menimbulkan rasa gatal. Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih tipis dan lebih kering.

Selain faktor usia, kulit kering juga dapat disebabkan oleh iklim yang kering, penyakit dermatitis atopik, pekerjaan yang banyak berhubungan dengan air (sebagai contoh pekerja salon), ataupun berenang di kolam renang dengan kadar klorin yang tinggi.

Berikut adalah tips untuk mengurangi kulit kering yang dianjurkan oleh ahli dermatologi, diambil dari Aging Skin Net American Academy of Dermatologist:

  • Mandi setiap hari. Mandi setiap hari membantu melembabkan kulit,hanya ada aturan yang sebaiknya diikuti. Tipsnya sebagai berikut
  1. Jangan berlama-lama. Mandi 5-10 menit dapat melembabkan kulit. Lebih dari itu kulit akan mulai kering.
  2. Gunakan air hangat bukan air panas. Air panas menghilangkan minyak alami dari kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Semakin banyak minyak yang hilang , kulit menjadi semakin kering.
  3. Tutup pintu kamar mandi. Menutup pintu kamar mandi saat anda mandi akan menjaga kelembaban dalam ruangan.
  4. Gunakan pembersih yang ringan. Deodoran batangan, pewangi dalam sabun, dan produk yang mengandung alkohol mengurangi minyak alami dari kulit, sehingga kulit menjadi kering. Gunakanlah pembersih ringan dan tanpa pewangi yang melembabkan.
  5. Keringkan kulit dengan lembut. Jangan mengeringkan kulit dengan menggosokkan handuk tetapi tepuk-tepuklah secara perlahan. Dengan menepuk secara perlahan akan menjaga kelembaban kulit dan tidak begitu mengiritasi kulit.
  6. Gunakan pelembab segera setelah mandi. Pelembab menahan air di dalam kulit, mencegah terjadinya evaporasi. Untuk menahan air setelah mandi, gunakanlah pelembab 3 menit setelah mandi. Gunakan secara teratur, ini membantu mengurangi kekeringan dan rasa gatal.
1 2 3
Dokter Umum di Bandung, Jawa Barat

Related Posts

Lansia rentan penyakit kulit

Penyakit Kulit pada Lansia

Dikerok, Kok Bisa Merah?

Dikerok, Kok Bisa Merah?

Wanita Merokok dan Efek Kesehatannya

Wanita Merokok dan Efek Kesehatannya

5 Produk Perawatan Diri ala Pria

5 Produk Perawatan Diri ala Pria

10 Kebiasaan yang Harus Diterapkan untuk Mengatasi Jerawat

10 Kebiasaan yang Harus Diterapkan untuk Mengatasi Jerawat

Related Posts

Cacar Air

Dok, anak saya ada bentol-bentol sehabis demam? Ap...

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan

Dok, saya sudah mencoba berbagai cara menghilangka...

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Saya baru melahirkan dan di perut saya banyak tand...

Tato , apakah baik untuk kesehatan kulit atau tidak

Saya ingin buat tato dok, apakah itu baik untuk ke...

Keloid Timbul karena Faktor Turunan?

Dok mau nanya nih, timbul keloid atau bekas luka i...