Jerawat

Jerawat

Jerawat? Wah siapa yang tidak kenal dengan masalah kulit yang satu ini. Kalo wajah jerawatan, kadang membuat kita kesal, tidak percaya diri, dan putus asa jika tidak berhasil disembuhkan. Nah, mari kita simak ulasan berikut mengenai jerawat. Apa sih itu jerawat?

Jerawat sebenarnya adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan kelenjar lemak pada folikel rambut (di wajah kita juga ada rambut-tambut halus). Nah kelenjar ini paling banyak terdapat di wajah,dada bagian atas , pundak dan punggung sehingga jerawat itu bisa muncul bukan saja di wajah tapi juga di dada, pundak, punggung. Jerawat disebabkan oleh interaksi beberapa faktor seperti produksi minyak yang berlebih pada kulit yang dipengaruhi oleh hormon androgen, peningkatan laju pergantian sel pada folikel rambut yang akhirnya menyebabkan penyumbatan folikel (Komedo). Penyumbatan ini menyebabkan minyak dan sisa sel menumpuk sehingga menjadi lingkungan yang baik bagi pertumbuhan kuman Propionibacterium acnes. Peningkatan jumlah kuman ini akhirnya menimbulkan respon imun tubuh yang menarik sel-sel peradangan dan menyebabkan kelenjar lemak ini mengalami peradangan sehingga muncullah jerawat.

Jerawat ini memang paling banyak kita alami saat masa pubertas (14 – 17 tahun pada wanita dan 16 – 19 tahun pada pria) karena hormon androgen sedang meningkat pada masa tersebut. Namun bukan berarti jerawat tidak bisa muncul saat bayi loh. Munculnya jerawat pada bayi biasa disebabkan oleh hormon androgen dari ibu, namun jerawat pada bayi jarang terjadi dan akan hilang dengan sendirinya.

Artikel Terkait


Penggunaan steroid berlebihan pada kulit bagaimana penangananya

Tommy Supit, dr.

Rosacea pada wajah

Tommy Supit, dr.

Kenali dan Perangi si Jerawat di Masa Remaja

Vika Indriani, dr.

Cacar Air

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK