Mau Jantung Sehat? Olahraga, Yuk!

Mau Jantung Sehat? Olahraga, Yuk!

Sudahkah anda berolahraga hari ini? Aktivitas harian yang terlalu sibuk terkadang membuat kita menjadi jarang berolahraga. Hidup yang bersifat inaktif atau sedentary lifestyle ini merupakan faktor risiko yang berkaitan erat dengan penyakit jantung.

Maka dari itu lewat berolahraga seperti olahraga aerobik dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, antara lain : meningkatkan kinerja jantung dan sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen dapat diterima tubuh kita lebih baik, meningkatkan energi sehingga kita tidak mudah lelah, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, meningkatkan massa dan kekuatan otot, lebih mudah istirahat dan lebih terasa relaks, serta tentunya kita dapat terlihat lebih sehat dan bugar.

Sebelum memulai aktivitas olahraga secara rutin, kita dapat berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli kesehatan terutama mengenai olahraga yang aman meliputi keamanan olahraga angkat beban, menggunakan alat olahraga, atau bagi anda yang sedang menjalankan terapi tertentu dapat disesuaikan dengan tingkat berat olahraga.

Tipe olahraga yang dapat dilakukan dimulai dari stretching kemudian masuk ke bagian gerakan kardiovaskular atau aerobik, lalu dilanjutkan ke penguatan. Gerakan stretching dimulai dari lengan dan kaki untuk menyiapkan otot-otot kita sehingga mencegah keram otot, selain itu meningkatkan fleksibilitas tubuh kita. Gerakan kardiovaskular atau aerobik tentunya meningkatkan kekukatan jantung, paru serta tubuh kita dalam menangkap oksigen. Aerobik yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan denyut nadi serta tekanan darah dan meningkatkan pola nafas kita.

Artikel Terkait


Kenaikan Denyut Jantung Selama Waktu Istirahat Dikaitkan Dengan Resiko Kematian Karena Penyakit Jantung

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Jantung tidak optimal

Leonita Hartanti, dr.

Jantung berdebar karena konsumsi kopi

Leonita Hartanti, dr.

Pengobatan Penyumbatan Pembuluh Darah di Kaki

Leonita Hartanti, dr.