Benarkah Acai Berry Bermanfaat?

Benarkah Acai Berry Bermanfaat?

Buah kecil berwarna gelap ini sedang ramai dibicarakan. Ada yang mengklaim bahwa buah ini dapat mengobati kanker, gangguan ereksi, gangguan prostat, gangguan pada jantung. Salah satu khasiat paling terkenal dari buah ini adalah sebagai obat diet karena berkhasiat menurunkan berat badan. Mari kita mengenali lebih jauh buah yang berasal dari Amerika ini!

Acai Berry merupakan buah yang berasal dari pohon Euterpe oleracea. Pohon ini kebanyakan ditemui di Amerika Selatan, memiliki warna ungu gelap dan bentuk bulat kecil. Buah ini mulai popular di tahun 2008 setelah dibicarakan dalam salah satu acara talkshow dunia yang membahas tentang antioksidan, tetapi tidak pernah disebutkan khasiatnya untuk menurunkan berat badan.

Buah ini mengandung beberapa substansi yang disebut anthocyanins dan flavonoids. Anthocyanins dan flavonoids merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Karena dapat melawan radikal bebas, maka antioksidan dipercaya dapat menurunkan risiko kanker dan sakit jantung. Antocyanins sendiri dapat juga ditemukan pada buah, sayur dan bunga yang berwarna merah, biru dan ungu sebagai contohnya adalah anggur, strawberry dan blueberry. Penelitian mengenai kandungan antioksidan pada Acai Berry masih terus dilakukan. Sampai saat ini, belum dapat dipastikan apakah antioksidan yang dikandung oleh buah ini lebih baik daripada antioksidan yang didapat di buah lainnya.

Dipasaran sendiri sudah banyak beredar obat-obat penurun berat badan yang mengandung Acai Berry. Tetapi, kebenaran khasiat dari buah ini dalam menurunkan berat badan masih diteliti. Belum ada hasil penelitian yang dapat membuktikan bahwa kunci dari penurunan berat badan adalah dengan mengkonsumsi Acai Berry.

Fakta terbaru yang dikeluarkan oleh FDA (Food And Drug Administration) Amerika Serikat pada 18 Oktober 2011 (dalam Public Notification: “Acai Berry Soft Gel ABC” Contains Undeclared Drug Ingredient) adalah tidak dibenarkan menggunakan produk Acai Berry Soft Gel ABC. Hal tersebut dikarenakan Acai Berry Soft Gel mengandung sibutramin. Sibutramin sendiri telah ditarik dari pasaran di Amerika tahun 2010 karena efek sampingnya. Efek samping yang paling ditakuti adalah peningkatan tekanan darah dan atau denyut nadi, apalagi jika dikonsumsi oleh orang dengan riwayat gangguan jantung atau stroke. Tanggal 8 Juli 2011 The Swedish Medical Product Agent telah menarik produk ini lebih dulu dikarenakan hal yang sama.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, Acai Berry juga mulai digunakan sebagai salah satu bahan produk-produk kecantikan. Hal tersebut terjadi karena minyak yang berasal dari Acai Berry mengandung antioksidan. Studi menunjukan bahwa minyak Acai Berry aman digunakan pada produk-produk seperti shampo, kondisioner, krim muka dan badan bahkan sebagai terapi kecantikan anti-aging. Tetapi, bagi anda yang memiliki alergi terhadap buah ini atau buah berry yang lainnya, dianjurkan untuk tidak mencoba Acai Berry.

Sampai saat ini, penelitian mengenai khasiat Acai Berry sendiri sangat terbatas. Klaim-klaim mengenai keuntungan setelah mengkonsumsi buah ini belum dapat dibuktikan, sehingga sebagai konsumen ada baiknya Anda jeli dalam memakai produk yang mengandung Acai Berry.

 

Sumber :

  1. Acai Berries and Acai Berry Juice — What Are the Health Benefits? Diunduh dari : http://www.webmd.com/diet/guide/acai-berries-and-acai-berry-juice-what-are-the-health-benefits
  2. What are acai berries and what are their possible health benefits? Diunduh dari : http://www.mayoclinic.com/health/acai/AN01836
  3. Public Notification: “Acai Berry Soft Gel ABC” Contains Undeclared Drug Ingredient. Diunduh dari : http://www.fda.gov/Drugs/ResourcesForYou/Consumers/BuyingUsingMedicineSafely/MedicationHealthFraud/ucm276098.htm

 

 

 

Artikel Terkait


Diet Mencegah Batu Ginjal

Handriadi Winaga, dr.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu pula dengan sumber makanan dan pola minum kita, mungkin bila tepat akan membantu anda mencegah batu ginjal.

Diet sehat bagi penderita Asam Urat : Makanan Rendah Purin

Lucky Aninditha, dr.

SLIDESHOW : 9 Makanan yang oke dan tepat bagi Penderita Flu !

Lucky Aninditha, dr.

Data dan Fakta Obesitas pada Anak

Pratiwi R A Natsir, dr