Kesehatan Umum

Lansia rentan penyakit kulit

Penyakit Kulit pada Lansia

Saat ini jumlah dan proporsi usia lanjut semakin meningkat baik di negara maju maupun di negara berkembang. Diperkirakan pada tahun 2030, 31% populasi penduduk Amerika akan berusia 55 tahun bahkan lebih.1 Seiring bertambahnya usia, kulit pada usia lanjut mengalami banyak perubahan karena pengaruh intrinsik maupun ekstrinsik, sehingga kemungkinan munculnya kelainan yang berhubungan dengan kulit sem... »

10 Fakta Schistosomiasis

10 Fakta Schistosomiasis – Cacingan yang Mematikan!

Penyakit yang disebabkan oleh cacing sudah menginfeksi 42,1 juta orang di dunia pada tahun 2012. Penyakit ditularkan melalui perantara vektor keong air tawar, bentuk larva cacing bisa hidup di air tawar dan siap menginfeksi.Orang-orang yang sehari-harinya melakukan kontak terhadap air tawar sangat berisiko terkena penyakit ini. Yuk baca 10 Fakta penyakit Schistosomiasis ini! Pada tahun 2013, 249 j... »

Leishmaniasis - Koreng Kulit

Koreng pada Kulit akibat Leishmaniasis

Dengan gambaran seperti koreng di kulit hingga perut yang membuncit karena hati dan limpa penderita membesar, penyakit yang dapat disembuhkan ini masih mengakibatkan kecacatan dan kematian di Afrika dan subkontinen India. Jadi, apakah Leishmaniasis itu? Leishmaniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa jenis Leishmania. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan lalat pasir Phleboto... »

Chikungunya

Chikungunya

Chikungunya, pernahkah Anda mendengar istilah itu? Mungkin Anda atau kerabat Anda pernah mengalami demam disertai nyeri sendi kemudian berobat ke dokter dan didiagnosa menderita demam tulang. Nah, Chikungunya adalah istilah medis untuk demam tulang. Lalu, bagaimana sebenarnya yang dimaksud dengan Chikungunya alias demam tulang itu? Mari kita simak artikel berikut. Chikungunya adalah penyakit yang ... »

Penyakit Kaki Gajah - Filariasis

Filariasis

Filariasis di dunia Filariasis masih menjadi masalah kesehatan di negara berkembang, terutama di wilayah Asia Tenggara dan Afrika, termasuk Indonesia yang beriklim tropis. WHO mencatat 60% kasus filariasis limfatik berada di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di seluruh dunia tercatat filariasis menginfeksi lebih dari 120 juta orang dengan sepertiganya mengalami kecacatan akibat penyakit tersebut. ... »

Malaria

Malaria

Malaria masih menjadi masalah kesehatan di wilayah beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Kasus di Indonesia tercatat ada 417.819 kasus positif pada tahun 2012 dan 70% kasus ditemukan di bagian timur Indonesia. Oleh karena itu, malaria adalah penyebab kematian tertinggi keenam pada kelompok penyakit menular. Di seluruh dunia tercatat malaria menginfeksi lebih dari dua ratus juta orang dan menye... »

Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue

Demam dengue atau demam berdarah dengue bukanlah hal asing bagi masyarakat Indonesia apalagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta. Sudah menjadi hal lumrah bila ada tetangga kita yang mengeluhkan anggota keluarganya dirawat di rumah sakit karena demam berdarah. Penyakit ini tidak lagi musiman tapi sudah endemis di seluruh Indonesia. Demam dengue adalah infeksi virus yang disebarkan melalui peranta... »

Tanya Jawab TB

Tanya Jawab TBC

Tanya: Apa itu TBC? Jawab: Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang bagian paru-paru. Penyakit TBC adalah penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan.   Tanya: Bagaimana TBC ditularkan? Jawab: Penyakit ini ditularkan dari orang ke orang melalui perantara udara. Saat seorang yang terinfeksi bakteri TB ini... »

Fakta penyakit TBC

10 Fakta Penyakit TBC

Sepertiga penduduk dunia terinfeksi kuman TBC. Namun, hanya sebagian kecil dari mereka yang akan berkembang menjadi penyakit tuberkulosis. Penyakit ini telah menginfeksi sekitar 8,6 juta orang di dunia mengidap penyakit tuberkulosis dan 1,3 juta diantaranya meninggal dunia akibat penyakit ini. Indonesia merupakan negara keempat dengan penderita tuberkulosis terbanyak di dunia dengan angka prevalen... »

Mengenal MDR TB

Tanya Jawab MDR TB

Tanya: Apa itu MDR-TB? Jawab: Bakteri penyebab penyakit tuberkulosis bisa kebal terhadap obat antimikroba yang digunakan dalam terapi TBC. Multi drug-resistant Tuberculosis atau MDR-TB adalah jenis penyakit TBC yang kebal terhadap obat isoniazid dan rifampisin, dua obat anti TBC yang paling ampuh.   Tanya: Bagaimana bisa terjadi MDR-TB? Jawab: MDR-TB terjadi karena kesalahan manajemen terapi ... »

Page 1 of 90123»