TanyaDok.com http://www.tanyadok.com Artikel Kesehatan, Cari Dokter dan Tanya Dokter Sun, 14 Sep 2014 08:32:16 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.8.1 Dokter Marissa: Setiap anak memiliki keadaan klinis yang berbeda http://www.tanyadok.com/kesehatan/dokter-marissa-setiap-anak-memiliki-keadaan-klinis-yang-berbeda http://www.tanyadok.com/kesehatan/dokter-marissa-setiap-anak-memiliki-keadaan-klinis-yang-berbeda#comments Fri, 12 Sep 2014 09:25:02 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=128330 Kontributor Bebby Astrika aktif di TanyaDok.com.

Melalui berbagai seminar dan workshop yang diikuti sejak sebelum ia lulus dari pendidikan kedokteran anak, membuat dokter kelahiran 31 Juli ini semakin handal dalam menangani pasien anak. Tak hanya membagikan ilmunya kepada pasien yang datang, dokter cantik dengan nama lengkap dr. Marissa Tania Stephanie Pudjiadi, SpA ini juga berbagi ilmu lewat tulisan-tulisannya. Artikel yang ia tulis berlalu lalang di media-media ternama. Dr. Marissa juga sering terlihat menjadi narasumber berbagai seminar, talkshow atau talkshow untuk topik-topik kesehatan anak. Saat ini ia aktif sebagai dokter spesialis anak yang berpraktek di RS Premier Jatinegara, Jakarta. Berbekal ilmu dan pengalamannya, ia telah menerbitkan buku yang kini menjadi pegangan bagi para orangtua saat menghadapi masalah kesehatan pada anaknya. Buku berjudul ‘250 Tanya Jawab Kesehatan Anak’ yang diterbitkan pada tahun 2013 ini diharapkan menjadi panduan sekaligus informasi agar para orangtua menjadi lebih pintar dan bisa mencari jawaban sendiri jika tidak ada akses langsung ke dokter saat harus menghadapi masalah kesehatan anak. Meski demikian, ia juga berpesan walau buku ini telah menjawab masalah kesehatan anak, namun bila ada keraguan, orangtua disarankan untuk tetap bertanya pada dokter. Sebab setiap anak memiliki keadaan klinis yang berbeda-beda satu sama lain.    

Konten Dokter Marissa: Setiap anak memiliki keadaan klinis yang berbeda hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/kesehatan/dokter-marissa-setiap-anak-memiliki-keadaan-klinis-yang-berbeda/feed/ 0
Dokter Luciana: Menuangkan Ilmu Kesehatan dalam Berbagai Karya http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-luciana-menuangkan-ilmu-kesehatan-dalam-berbagai-karya http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-luciana-menuangkan-ilmu-kesehatan-dalam-berbagai-karya#comments Fri, 12 Sep 2014 08:22:20 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=128326 Kontributor Bebby Astrika aktif di TanyaDok.com.

Tidak hanya menjadi seorang dokter spesialis gizi klinik, namun ia juga aktif memberikan penjelasan-penjelasan terkait gizi dalam bentuk tulisan. DR. dr. Luciana B Sutanto MS. SpGK adalah salah satu dari sekian urutan dokter yang banyak meraih prestasi dalam dunia kesehatan. Sebagai seorang dokter spesialis gizi klinik, ia berpraktek di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Perlu proses dan ketelitian untuk menjadi dokter spesialis gizi klinik. Dan wanita kelahiran Yogyakarta, 6 Oktober ini berhasil melakukannya bahkan ia juga berhasil mendapatkan banyak prestasi di bidang ilmu kedokteran. Memang bukan hal baru ketika seorang dokter memiliki berbagai keunggulan, namun ketelitiannya layak untuk diperhitungkan. Menurut dokter cantik ini, masyarakat juga perlu mengerti dan memahami kesehatan terutama bidang gizi, agar mereka bisa menerapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Di era modern ini, banyak informasi terkait gizi yang dapat diserap oleh masyarakat. Tidak harus selalu bertatap muka antara pasien dengan dokter, namun Dokter Luci memberikan kesegaran dengan menuliskan informasi tentang dunia gizi dalam berbagai artikel kesehatan di berbagai media. Sehingga sudah bukan hal baru lagi ketika mendengar namanya malang melintang di media. Salah satu tulisannya yang terbit di sebuah media ternama adalah “Yang Merit Tak Perlu Menjerit” pada tahun 2003. Ada pula buku-buku yang menjadi sebuah referensi dalam mencari informasi kesehatan, salah satunya yaitu Gizi Wanita Aktif yang diterbitkan oleh PT Intisari Mediatama, Jakarta. Membantu masyarakat memang bisa melalui berbagai cara, terlebih lagi ia menerapkan ilmu yang sudah dia dapatkan melalui karya-karyanya. Hal yang memudahkan masyarakat untuk terus hidup sehat akan membuat kemajuan untuk bangsa ini nantinya. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang memerhatikan kesehatan masyarakatnya.

Konten Dokter Luciana: Menuangkan Ilmu Kesehatan dalam Berbagai Karya hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-luciana-menuangkan-ilmu-kesehatan-dalam-berbagai-karya/feed/ 0
Dokter Pustika Efar: Dokter Muda dengan Segudang Prestasi http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-pustika-efar-dokter-muda-dengan-segudang-prestasi http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-pustika-efar-dokter-muda-dengan-segudang-prestasi#comments Tue, 09 Sep 2014 06:09:19 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=128249 Kontributor TanyaDok.com aktif di TanyaDok.com.

Menjadi seorang dokter merupakan sebuah pilihan dengan proses yang panjang. Terbilang muda, dr. Pustika Efar Sp.A memilih jalan hidupnya untuk menjadi seorang dokter spesialis anak yang bermanfaat bagi kehidupan generasi penerus bangsa. Bukan hanya berparas cantik, ia pun telah memiliki banyak pengalaman dalam menangani masalah kesehatan. Pasalnya, tidaklah mungkin mendapatkan teori tanpa melakukan praktek, oleh sebab itu beberapa kali ia mengikuti berbagai pelatihan untuk mematangkan profesinya sebagai dokter spesialis anak. Pada November 2013, ia baru saja mengikuti pelatihan Pediatric Fundamental Critical Care Support (FCCS) Course yang diadakan oleh Perhimpunan Dokter Intensive Care Indonesia (PERDICI), Jakarta. Ketekunannya dalam dunia kesehatan bukanlah tanpa bukti, beberapa kali ia mendapatkan berbagai penghargaan dan prestasi, salah satunya dengan menerima predikat lulus terbaik pada evaluasi nasional terpusat oleh Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia di Jakarta 25-26 Januari 2014. Keaktifannya dalam berbagai kegiatan membuahkan banyak pengalaman untuk wanita kelahiran Bandar Lampung, 7 Oktober 1985 ini. Cukup muda namun ia sudah bisa mempublikasikan beberapa tulisan ilmiah dan memuat tulisan-tulisan kesehatan di sejumlah media ternama. Walau sudah mendapatkan beragam prestasi dan penghargaan, ia tidak puas hanya sampai di situ. Dokter Pustika sering berpartisipasi dan meluangkan waktunya untuk seminar dan pertemuan ilmiah terkait kesehatan.

Konten Dokter Pustika Efar: Dokter Muda dengan Segudang Prestasi hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-pustika-efar-dokter-muda-dengan-segudang-prestasi/feed/ 0
Dokter Marlisye Marpaung, M Ked (Ped), SpA : Dokter Spesialis Untuk Kesehatan Generasi Penerus Bangsa http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-marlisye-marpaung-m-ked-ped-sp-dokter-spesialis-untuk-kesehatan-generasi-penerus-bangsa http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-marlisye-marpaung-m-ked-ped-sp-dokter-spesialis-untuk-kesehatan-generasi-penerus-bangsa#comments Wed, 03 Sep 2014 07:54:46 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69418 Kontributor TanyaDok.com aktif di TanyaDok.com.

Dr. Marlisye Marpaung, M.Ked (Ped), SpA merupakan salah satu dokter spesialis anak yang mengabdikan dirinya pada dunia kesehatan demi masa depan penerus bangsa. Dokter cantik ini mendapatkan gelar Magister Kedokteran Klinik Bidang Ilmu Kesehatan Anak di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Kepeduliannya pada kesehatan anak, ia tuangkan dalam tesis yang berjudul “Uji Klinis Manfaat Vitamin A Dalam Pengobatan Diare Akut Pada Anak.” Tesis ini diangkat karena berkaitan dengan fenomena diare akut yang banyak ditemui pada bayi dan anak terutama di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Tesis ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat memaksimalkan peran vitamin A dalam mengurangi keparahan diare akut. Saat ini dr. Marlisye Marpaung praktik dokter spesialis anak di Rumah Sakit Medika BSD yang terletak di Serpong. Menjadi seorang dokter spesialis anak membuat wanita kelahiran Medan, 9 Agustus 1977 ini melakukan berbagai kegiatan terkait kesehatan yang seharusnya diketahui oleh sesama rekan dokter dan masyarakat luas. Dalam karirnya, ia sering mengisi seminar-seminar terkait kesehatan. Menyanyi, berenang dan membaca merupakan hobi yang ia lakukan dengan sukacita meski telah disibukkan dengan berbagai aktivitasnya sebagai dokter. Hal ini bisa membuat dokter spesialis anak ini mengistirahatkan segala beban pikiran terkait dengan berbagai permasalahan kesehatan yang dialami oleh bangsa ini. Setiap kegiatan yang dilakukan demi kehidupan masyarakat luas tentu harus didampingi dengan doa terbaik dalam perjalanannya. Ibu tiga anak ini memiliki sebuah motto dalam hidupnya yakni “ora et labora” yang memiliki arti berdoa dan bekerja.  

Konten Dokter Marlisye Marpaung, M Ked (Ped), SpA : Dokter Spesialis Untuk Kesehatan Generasi Penerus Bangsa hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-marlisye-marpaung-m-ked-ped-sp-dokter-spesialis-untuk-kesehatan-generasi-penerus-bangsa/feed/ 0
VINNO Mesin Pintar USG http://www.tanyadok.com/adv/vinno-mesin-pintar-usg http://www.tanyadok.com/adv/vinno-mesin-pintar-usg#comments Thu, 28 Aug 2014 09:48:34 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69340 Kontributor TanyaDok.com aktif di TanyaDok.com.

  Dalam menegakkan diagnosa, seringkali dokter menggunakan USG. Alat yang bisa merekam keadaan organ di dalam tubuh ini merupakan alat dengan teknik diagnostik pencitraan. USG menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi dari 2 Mhz – 18 Mhz yang dihasilkan melalui probe USG (alat yang ditempelkan ke tubuh pasien) kemudian didisplaykan ke layar Monitor. Melalui pemeriksaan USG, dokter mampu memeriksa dan mengamati gerakan organ tubuh seperti jantung, hati, kandung empedu, limpa, pankreas, ginjal, kandung kemih, pembuluh darah dan janin pada wanita hamil tanpa harus melakukan pembedahan (non-invasif). Pemeriksaan USG sangat populer di kalangan ibu hamil untuk menentukan kondisi bayi, lokasi plasenta, gerak janin di dalam rahim, posisi, berat badan dan alat kelamin pada bayi. Pemeriksaan ini juga tergolong aman karena tidak memancarkan gelombang radiasi yang dapat membahayakan si janin ataupun ibu nya sendiri. Kini, hadir teknologi baru dari VINNO Technology (Suzhou) Co,Ltd yang membuat peralatan kesehatan ultrasound system atau USG.  Merek USG yang tertera dalam setiap mesinnya adalah VINNO atau VISION IN INNOVATION. Perusahaan di Indonesia yang melakukan kerjasama dalam peluncuran alat canggih ini adalah perusahaan alat kesehatan SOHO Global Medika yang merupakan salah satu anak perusahaan SOHO Global Health. Perusahaan ini  meluncurkan alat USG dengan teknologi 4D dengan merek VINNO G80 dan menjadi distributor tunggal semua produk VINNO di Indonesia. “Perkembangan dunia medis di Indonesia semakin tinggi dan menuntut pelaku bisnis untuk memproduksi alat USG yang canggih,” tutur Vice President SOHO Global Medika, Obed Fuk Liang, pada penandatanganan MoU kerjasama SOHO Global Medika dan VINNO, di Bali (29/08). Saat pertama kali diluncurkan, produk ini memiliki model mobile dengan spesifikasi yang paling tinggi di antara saingannya. Tak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan  teknologi terkini, model design yang elegant dan dibuat dengan sangat baik pada setiap detailnya. VINNO menggunakan teknologi RF full digital sehingga menghasilkan frekuensi yang tinggi sampai dengan 25 Mhz. Pada model USG VINNO G80 sudah menggunakan layar monitor LED dengan ukuran 21,5 inch full HD (1920 x 1080), desain layar sentuh ukuran 13,3 inch dengan teknologi 5 finger seperti pada IPAD. Multi fungsi pada layar sentuh ini memungkinkan pengguna bisa menggunakan USG dengan lebih mudah. Kelebihan lainnya adalah software VINNO yang dapat dikembangkan dan di up-grade dengan mudah sesuai perkembangan jaman. Probe teknologi pada VINNO adalah X-CEN teknologi dengan wide band frequency sehingga pencitraan gambar yang didapat sangat baik. VINNO menggunakan designer yang cukup terkenal dalam dunia industrial design untuk produk model USG. Bahkan salah satu design model USG VINNO, yakni model G80 telah memenangkan “PLATINUM AWARD“ DESIGN A pada ajang bergengsi designer kelas dunia di Italia pada tahun 2013 lalu. Designer Nicole Butti dari Italialah yang membuat VINNO makin stylish. Software yang dikembangkan oleh VINNO adalah kerjasama dengan universitas terkenal di China, Beijing Universitas, Xian Com Universitas dan TOM TECH dari Germany. Software ini juga terdapat pada  VSpeckle, VTissue, VFusion, VSharpen, Vnear. Perangkat lunak ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien atau pengguna dengan praktis sebab semua fungsinya dijadikan dalam 1 fungsi yaitu automatic. Hasil pencitraan gambar pada USG VINNO juga dapat menjadi full screen atau penuh dalam satu layar. VINNO sudah mengembangkan software dari 2D, 3D dan 4D dengan kualitas gambar 4D yang sangat baik dengan kualitas High Quality (HQ 3D / 4D). VINNO dalam arti VISION IN INNOVATION, akan selalu mengembangkan teknologi yang sangat berbeda dari mesin USG lainnya. Sebab semua ide dari pengguna yang berhubungan dengan teknologi dapat dimasukkan ke dalam software VINNO dan mendapatkan tanggapan dari software generasi terbaru untuk menghasilkan USG yang terdepan dalam dunia Ultrasound system yang ada sekarang ini. Sumber: SOHO Global Health

Konten VINNO Mesin Pintar USG hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/adv/vinno-mesin-pintar-usg/feed/ 0
Dokter Sigap, Peserta Jelajah Sepeda Selamat! http://www.tanyadok.com/berita/terjadi-evakuasi-terhadap-tujuh-peserta-jelajah-sepeda-di-etape-boroko-gorontalo http://www.tanyadok.com/berita/terjadi-evakuasi-terhadap-tujuh-peserta-jelajah-sepeda-di-etape-boroko-gorontalo#comments Tue, 26 Aug 2014 09:03:26 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69222 Kontributor Gloria Safira aktif di TanyaDok.com.

Tujuh peserta Kompas Jelajah Sepeda dievakuasi karena kelelahan yang diakibatkan oleh cuaca panas terik dan banyaknya jalur menanjak. Peserta dievakuasi pada perjalanan etape keempat Boroko – Gorontalo (129 km) pada Kamis 21 Agustus 2014. “Peserta dievakuasi sampai tujuh orang. Tapi ada yang dievakuasi kemudian lanjut gowes,” ujar Bernard, anggota tim evakuasi Jelajah Sepeda, Kamis. Selain karena fisik yang kelelahan, ada juga yang dievakuasi karena sepeda mengalami kerusakan. Namun, disayangkan karena semua sepeda yang panitia sediakan sudah habis dipakai peserta. Albertus Aryo Pradito, Dokter Jelajah Sepeda, mengatakan kalau peserta yang dievakuasi umumnya mengalami kelelahan atau cedera kaki. Para peserta sudah tidak kuat melanjutkan dengan jalur menanjak yang cukup panjang dan di bawah terik matahari. “Bisa karena kepanasan, ditambah kondisi badan enggak fit, atau akumulasi kegiatan pada hari-hari sebelumnya,” kata dia. Ia juga mengatakan kalau evakuasi juga dilakukan untuk mencegah kondisi kesehatan peserta memburuk. Pada peserta yang dievakuasi terdapat peserta yang mengalami radang tenggorokan, demam dan diare. Dokter tim menghimbau agar seluruh peserta menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat cukup. Sejauh ini masih terdapat 10 etape lagi untuk sampai di Makassar pada 31 Agustus 2014. Jelajah Sepeda Manado-Makassar diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia. sumber : kompas.com

Konten Dokter Sigap, Peserta Jelajah Sepeda Selamat! hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/berita/terjadi-evakuasi-terhadap-tujuh-peserta-jelajah-sepeda-di-etape-boroko-gorontalo/feed/ 0
Waspada Penyebaran Malaria dan Demam Berdarah http://www.tanyadok.com/berita/waspadalah-penyebaran-malaria-dan-demam-berdarah http://www.tanyadok.com/berita/waspadalah-penyebaran-malaria-dan-demam-berdarah#comments Tue, 26 Aug 2014 08:56:54 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69230 Kontributor Gloria Safira aktif di TanyaDok.com.

Perubahan iklim yang membuat cuaca tidak menentu bisa menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah meningkat. Berdasarkan penelitian World Health Organization (WHO) malaria dan demam berdarah (DBD) adalah penyakit yang berkaitan erat dengan curah hujan tinggi. Research Center Climate Change (RSCC) membuat peta kerentanan penyebaran DBD dan malaria. Hasilnya, wilayah Sumatera Barat dan Jawa Timur adalah perluasan wilayah yang rentan akan DBD dan malaria. Peningkatan penyakit tersebut berbanding lurus dengan peningkatan curah hujan. Dan, sekitar 14 warga Tuban, Jawa Timur tengah menerima perawatan di RSUD Dokter Koesma Tuban akibat dari wabah DBD yang menyerang selama sebulan terakhir. Tragisnya, seorang balita meninggal dunia akibat dari telatnya pertolongan medis. Tak hanya itu, kondisi fisik yang menurun, terutama pada anak-anak di bawah sepuluh tahun dan balita mempermudah penyebaran virus Dengue yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti ini. Selalu jaga lingkungan untuk tetap bersih dan jalani pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Sobat! Sumber : detikhealth.com, metrotvnews.com

Konten Waspada Penyebaran Malaria dan Demam Berdarah hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/berita/waspadalah-penyebaran-malaria-dan-demam-berdarah/feed/ 0
Dokter Cindiawaty: Masalah Gizi di Indonesia Terbagi Dua http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-cindiawaty-masalah-gizi-di-indonesia-terbagi-dua http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-cindiawaty-masalah-gizi-di-indonesia-terbagi-dua#comments Tue, 26 Aug 2014 05:34:03 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69214 Kontributor TanyaDok.com aktif di TanyaDok.com.

Ada sebuah kebahagiaan luar biasa ketika dapat menyembuhkan seseorang dari masalah gizi. Itulah yang membuat dr. Cindiawaty Pudjiaji MARS, MS, SpGK mengabdikan dirinya menjadi Dokter Spesialis Gizi Klinik. Perhatiannya terhadap dunia gizi tidaklah main-main. Dimulai dari memerhatikan kebutuhan gizi anak, hingga berusaha ikut terlibat dalam mengatasi dua masalah besar dalam bidang gizi di Indonesia. Underweight dan obesitas pada anak yang kini menjadi perhatian penting semua tenaga kesehatan, bahkan pemerintah Indonesia juga tak luput dari perhatiannya. Ia memiliki keinginan agar seluruh masyarakat bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk dapat mengatasi dua masalah besar ini. Alumnus Spesialis Gizi Universitas Indonesia ini juga berpendapat, dengan menjalani hidup lebih sehat, maka orang akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit yang seringkali memerlukan biaya pengobatan yang cukup besar. Salah satu cara untuk menjalani pola hidup sehat adalah dengan selalu menjaga asupan makanan, baik jenis maupun jumlah makanan yang dikonsumsi. Dengan asupan gizi yang baik, maka kualitas hidup akan menjadi lebih baik, seseorang jadi lebih sehat! Tak hanya memerhatikan masalah penyakit dan gizi, ia juga banyak berperan dalam memberi semangat dan motivasi kepada pasien agar mengikuti apa yang disarankan untuk proses penyembuhan yang lebih cepat dan maksimal. Sebab, suatu penyakit akan menjadi lebih lama disembuhkan bila pengaturan gizinya buruk. Hal-hal yang ia lakukan sebagai dokter spesialis gizi klinik inilah yang membedakannya dengan seorang ahli gizi. Pendidikan gizi yang ia mulai dari ilmu dasar sebagai dokter lalu melanjutkan program spesialis gizi yang tidak didapatkan oleh seorang ahli gizi, membuatnya lebih berperan aktif dalam merawat dan menyembuhkan pasien terutama dari sisi asupan makanan yang dikonsumsi. Ia juga sering mendorong peran ibu sebagai ‘ahli gizi’ di rumah untuk terus memerhatikan asupan makan anak-anaknya. Beberapa kasus kurang gizi atau obesitas yang dialami oleh anak seringkali terjadi akibat kurangnya perhatian atau informasi ibu tentang gizi. Itulah sebabnya, ia banyak memberikan pesan pada orangtua, tak hanya ibu, namun juga ayah untuk terus berperan secara aktif dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Dengan cara memberikan figur panutan yang baik pada anak tentang makanan sehat, maka secara otomatis anak pun akan mengikuti dan secara tidak langsung kebutuhan gizi anak juga terpenuhi. Pada teman-teman satu profesi, dokter berparas cantik ini berpesan untuk terus menjalankan penyuluhan tentang gizi yang baik dan benar pada masyarakat, sehingga mereka bisa hidup jauh lebih sehat dan bisa memajukan kehidupan kesehatan bangsa.   Penulis: Gloria Safira – jurnalis TanyaDok Review oleh: Bebby Astrika, S.Gizi – editor  

Konten Dokter Cindiawaty: Masalah Gizi di Indonesia Terbagi Dua hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/profil-dokter/dokter-cindiawaty-masalah-gizi-di-indonesia-terbagi-dua/feed/ 0
Tubuh Impian Remaja http://www.tanyadok.com/adv/tubuh-impian-remaja http://www.tanyadok.com/adv/tubuh-impian-remaja#comments Mon, 18 Aug 2014 05:14:09 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69161 Kontributor Sem Samuel Surja, dr. aktif di TanyaDok.com.

Hampir semua remaja memiliki tubuh impian yang sama yaitu memiliki tubuh yang ideal. Hal ini berkaitan erat dengan kepercayaan diri remaja. Itulah sebabnya, banyak remaja yang berlomba-lomba menurunkan berat badan bila mereka memiliki berat badan berlebih atau menaikkan berat badan bila memiliki berat badan yang kurang demi mendapatkan tubuh yang ideal seperti impian mereka. Sayangnya, untuk mencapai keinginan tersebut, para remaja kerap kali memilih jalan singkat yang justru tidak sehat. Sebenarnya impian para remaja untuk memiliki tubuh yang ideal ini akan berimbas pada kesehatan tubuh lebih baik. Sebab, tubuh yang ideal cenderung dapat menjaga kesehatan seseorang hingga terbebas dari penyakit. Untuk mencapai tubuh yang ideal, sebaiknya remaja mempertahankan atau mencapainya dengan cara yang sehat demi kesehatannya kelak. Ada 2 tahap yang bisa dilakukan, yaitu: 1.     Evaluasi berat badan IMT    =   BB/TB2 Cara termudah untuk mengevaluasi berat badan adalah dengan cara mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT). Ukur berat badan dalam kilogram (kg) dan tinggi badan dalam meter (m) terlebih dahulu. Lalu masukkan hasil pengukuran dalam rumus berikut1: Bandingkan hasil pengukuran dengan tabel berikut: IMT (kg/m2) Status berat badan                                 < 18,5                                                      Underweight                                  18,5-23,9                                                       Ideal                                  24-26,9                                                       Overweight                                  >27                                                       Obese Sumber: Joslin Diabetes Center2 Bila hasil pengukuran IMT ada di angka yang menunjukkan underweight atau kurang berat badan, maka untuk mendapatkan tubuh yang ideal, remaja harus meningkatkan berat badan. Sebaliknya, bila hasilnya terdapat pada angka overweight atau obesitas, maka remaja harus menurunkan berat badannya untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Bila memiliki hasil pada rentang angka yang menunjukkan IMT ideal, maka remaja harus dapat mempertahankan berat badannya dengan baik. 2.     Menuju tubuh ideal Bicara mengenai berat badan, tidak pernah terlepas dari perhitungan kalori. Mengatur berat badan sebenarnya merupakan sebuah keseimbangan, yaitu keseimbangan antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar. Kalori yang masuk adalah kalori yang dikonsumsi, umumnya berasal dari makanan dan minuman. Sedangkan kalori yang keluar adalah kalori yang dibakar, baik untuk menjalankan proses metabolisme dan aktivitas fisik. Gambar di bawah ini menggambarkan keseimbangan energi seseorang.3,4 Dari gambar di atas, maka penentuan langkah selanjutnya bila sudah diketahui hasil pengukuran IMT adalah dengan mengatur asupan makan dan aktivitas dengan baik sehingga tercipta energi yang masuk dan keluar dalam kondisi yang seimbang. Jika status IMT ada pada rentang overweight dan obese, maka remaja harus mengurangi jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan menambah jumlah aktivitas fisik yang dilakukan. Sedangkan jika status IMT terdapat pada rentang underweight, maka remaja harus meningkatkan konsumsi makanan dan minuman. Apabila status IMT sudah ideal, maka mereka hanya perlu menjaga berat badan tetap stabil. Dalam usaha untuk menaikkan atau menurunkan berat badan, sebuah rumus mudah yang dapat digunakan adalah 1 pon (0,5 kg) setara dengan 3.500 kalori. Artinya untuk menurunkan berat badan sekitar 0,5-1 kg per minggu, diperlukan penurunan konsumsi kalori sebanyak 500-1000 kalori per hari. Perhitungan serupa dapat dipakai untuk meningkatkan berat badan. Khusus dalam penurunan berat badan, prinsipnya adalah mengurangi konsumsi kalori namun tidak mengubah kualitas gizi yang masuk ke dalam tubuh. Cara termudah untuk mengurangi asupan kalori adalah dengan mengurangi konsumsi gula, lemak, dan alkohol, karena ketiganya hanya mengandung kalori tanpa memiliki kandungan gizi yang lain. Yang perlu diingat saat akan mengurangi konsumsi gula dan lemak, sebaiknya jangan terlalu drastis, namun lakukan secara perlahan. Sebab tubuh masih membutuhkan energi dari kedua jenis zat gizi ini. Cara lain adalah dengan konsumsi makanan rendah kalori walaupun dikonsumsi dalam jumlah besar, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Terakhir, kurangi jumlah porsi makan bila diperlukan. Tidak lupa, tingkatkan porsi aktivitas fisik (olahraga) untuk membakar kelebihan kalori.5 Untuk melakukan perhitungan lebih tepat mengenai keseimbangan kalori, para remaja harus memelajari kebutuhan kalori harian dan kalori yang terkandung dalam makanan. Kebutuhan kalori sangat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin dan aktivitas harian remaja. Tabel perkiraan kebutuhan kalori di bawah ini bisa digunakan sebagai panduan. Selanjutnya, konsumsilah makanan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan tubuh ideal.4 Jenis kelamin Usia (tahun) Aktivitas fisik Minimal Sedang Aktif Kalori Perempuan 9-13 1.600 1.600-2.000 1.800-2.200 14-18 1.800 2.000 2.400 19-30 2.000 2.000-2.200 2.400 Laki-laki 9-13 1.800 1.800-2.200 2.000-2.600 14-18 2.000 2.400-2.800 2.800-3.200 19-30 2.400 2.600-2.800 3.000   Bila status IMT sudah berada pada rentang ideal, maka sedapat mungkin untuk mempertahankan berat badan dengan cara menjaga asupan makan dan tetap melakukan aktivitas fisik secara rutin. Pantau berat badan secara berkala dan segera lakukan evaluasi bila terdapat kenaikan berat badan atau penurunan berat badan yang signifikan. Evaluasi pula apakah perubahan dalam berat badan anda sesuai dengan keinginan anda.6 Sumber: Joslin Diabetes Center. BMI Calculator. Diunduh dari: http://aadi.joslin.org/content/bmi-calculator Center for disease control and prevention. Assessing Your Weight. 2014. Diunduh dari: http://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/index.html Center for disease control and prevention. Balancing calories. 2014. Diunduh dari: http://www.cdc.gov/healthyweight/calories/index.html U.S. Department of Health and Human Services. Chapter 4. Where to Start. Diunduh dari: http://www.health.gov/dietaryguidelines/dga2005/healthieryou/html/chapter4.html U.S. Department of Health and Human Services. Chapter 9. Diunduh dari: The Balancing Act: Food and Physical Activity. http://www.health.gov/dietaryguidelines/dga2005/healthieryou/contents.htm Center for disease control and prevention. Preventing weight gain. Diunduh dari: http://www.cdc.gov/healthyweight/prevention/index.html

Konten Tubuh Impian Remaja hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/adv/tubuh-impian-remaja/feed/ 0
Olahraga untuk Kebugaran http://www.tanyadok.com/adv/olahraga-untuk-kebugaran http://www.tanyadok.com/adv/olahraga-untuk-kebugaran#comments Mon, 18 Aug 2014 05:04:13 +0000 http://www.tanyadok.com/?p=69158 Kontributor Adisti Widyapuspa Adityaputri, dr. aktif di TanyaDok.com.

Menerapkan gaya hidup seimbang tidaklah semudah mengucapkannya. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menjalani gaya hidup seimbang. Meski demikian, manfaat gaya hidup seimbang ini sangat penting bagi kehidupan, maka Anda memang harus mengusahakan dan menjalaninya. Gaya hidup seimbang tak lepas dari asupan makan yang mengandung gizi berkualitas, asupan cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan keseimbangan energi yang masuk dan keluar. Salah satu cara menjaga keseimbangan energi ini adalah dengan tetap melakukan olahraga dengan rutin. Tak hanya menjadi syarat dalam menjalani gaya hidup seimbang, olahraga juga bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh. Banyak orang yang beranggapan, bahwa olahraga seperti fitness sering dikaitkan dengan usaha menurunkan berat badan. Padahal, banyak sekali manfaat lain olahraga bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun psikis. Secara garis besar, aktivitas fisik yang lebih banyak berhubungan erat dengan angka kematian yang lebih rendah. Hal ini berlaku untuk orang muda dan tua, pria dan wanita, serta semua ras dan etnis. Untuk organ jantung, olahraga menurunkan risiko kematian pada penderita panyakit jantung dan pembuluh darah. Olahraga terbukti menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Orang dengan tekanan darah normal pun bisa mencegah atau memperlambat terjadinya hipertensi dengan rutin beraktivitas fisik. Olahraga juga melatih organ pernapasan kita. Dikatakan bahwa orang dengan berat badan berlebih yang bugar jantung serta parunya lebih sehat dibandingkan dengan orang berlemak tubuh lebih sedikit namun tidak bugar. Hal ini terbukti dari data di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa rendahnya kebugaran jantung dan paru merupakan faktor yang banyak berperan pada sebagian besar penyebab kematian. Penyakit apalagi yang dapat dihalau dengan berolahraga? Penelitian menunjukkan bahwa olahraga menurunkan risiko kanker usus besar dan kencing manis. Aktivitas fisik yang teratur juga penting untuk menjaga kekuatan otot serta struktur dan fungsi sendi.  Bahkan penderita osteoartritis bisa mendapatkan keuntungan dari berolahraga, tentu saja dengan pilihan kegiatan khusus yang tidak memperberat kerja sendi yang sakit. Untuk perkembangan tulang yang normal selama masa anak-anak dan remaja, aktivitas fisik merupakan hal penting. Pada dewasa muda olahraga membantu mencapai dan memelihara massa tulang yang maksimal. Ini berarti semakin rendahnya risiko osteoporosis di masa mendatang. Sedangkan pada orang tua, latihan kekuatan fisik memampukan mereka untuk tetap hidup mandiri, menurunkan risiko jatuh yang disebabkan kurangnya keseimbangan tubuh dan kekuatan otot serta rangka, juga menjauhkan dementia (pikun). Selain berguna untuk kesehatan fisik, olahraga juga berpengaruh terhadap psikis. Aktivitas fisik meringankan gejala depresi dan kecemasan serta memperbaiki suasana hati (mood). American College of Sports Medicine dan American Heart Association menganjurkan semua dewasa sehat berusia 18 sampai 65 tahun melakukan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang selama setidaknya 30 menit dalam lima hari seminggu untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan. Alternatifnya adalah aktivitas fisik aerobik dengan intensitas kuat selama setidaknya 20 menit dalam tiga hari seminggu. Kombinasi keduanya juga dapat dilakukan. Yang dimaksud aerobik atau dikenal juga dengan sebutan kardio adalah latihan fisik dengan gerakan berulang yang menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi selama latihan. Beberapa latihan aerobik misalnya lari, renang, dan bersepeda. Sebagai perbandingan, contoh latihan anaerobik adalah angkat beban dan lari jarak pendek. Seperti apa intensitas sedang dan kuat yang dimaksud? Rekomendasi di atas dapat dipenuhi dengan jalan cepat selama 30 menit dua kali seminggu dan lari (jogging) selama 20 menit dua kali seminggu, masing-masing di hari yang berbeda. Aktivitas aerobik intensitas sedang, yakni setara dengan jalan cepat hingga terjadi peningkatan denyut jantung, dapat dilakukan dalam beberapa fase, misalnya tiga kali 10 menit untuk mencapai minimal 30 menit. Tidak sulit bukan? Sedangkan aktivitas berintensitas kuat seperti lari ditandai dengan napas cepat dan peningkatan denyut jantung yang nyata. Sebagai tambahan, aktivitas yang menjaga atau meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot sebaiknya juga dilakukan setidaknya dua kali seminggu. Terdapat hubungan antara dosis (jumlah, frekuensi, dan lama) aktivitas fisik dengan kesehatan, sehingga mereka yang ingin memperbaiki kebugaran tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis, atau mencegah penambahan berat badan yang tidak sehat, bisa memperoleh manfaat lebih banyak dengan melakukan olahraga melebihi rekomendasi minimal di atas. Bagi mereka yang tidak dapat atau tidak mau memenuhi rekomendasi olahraga tersebut, masih bisa mendapat keuntungan dari melakukan kegiatan dengan dosis lebih sedikit dari yang dianjurkan. Mereka masih lebih bugar daripada orang yang tidak beraktivitas fisik sama sekali! Selain olahraga teratur, kebugaran tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengurangi gaya hidup sedentari. Kegiatan sedentari adalah kegiatan dengan aktivitas sedikit atau kurang bergerak seperti bekerja di depan komputer, duduk menulis, menonton televisi. Gaya hidup sedentari merupakan ancaman paling berbahaya terhadap kesehatan masa kini. Bila sebagian besar waktu diisi dengan gaya hidup seperti itu, sering melakukan aktivitas fisik singkat seperti berdiri dan berjalan di antara periode aktivitas sedentari memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar lagi, bahkan pada orang yang sudah rutin berolahraga. Referensi: Hellénius M, Sundberg CJ. Physical activity as medicine: time to translate evidence into clinical practice. In: Br J Sports Med 2011;45:158. Sallis R. Developing healthcare systems to support exercise: exercise as the fifth vital sign. In: Br J Sports Med 2011;45:473–474. Laskowski ER, Lexell J. Exercise and Sports for Health Promotion, Disease, and Disability. In: PM&R 2012, vol. 4:11, p795-796. Haskell, W. L., Lee, I-M., Pate, R. R., Powell, K. E., Blair, S. N., Franklin, B. A., et al. (2007). Physical activity and public health: Updated recommendation for adults from the Americak College of Sports Medicine and the American Heart Association. Circulation, 116(9), 1081-1093. Available from: http://scholarcommons.sc.edu/sph_physical_activity_public_health_facpub/119/?utm_source=scholarcommons.sc.edu/sph_physical_activity_public_health_facpub/119&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages Garber CE, Blissmer B, Deschenes MR, Franklin BA, Lamonte MJ, Lee IM, et al. American College of Sports Medicine position stand. Quantity and quality of exercise for developing and maintaining cardiorespiratory, musculoskeletal, and neuromotor fitness in apparently healthy adults: guidance for prescribing exercise. In: Medicine and Science in Sports and Exercise [2011, 43(7):1334-1359]. U.S. Department of Health and Human Services (HHS). Physical Activity and Health: A Report of the Surgeon General. Jones and Bartlett Learning. 1996. Available from: http://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=sASnZqD4CGUC&oi=fnd&pg=PA3&dq=sports+for+health&ots=ngyyQVfaki&sig=leDvSe8kKU36da47QX3bFQEQ0TY&redir_esc=y#v=onepage&q=sports%20for%20health&f=false

Konten Olahraga untuk Kebugaran hanya di TanyaDok.com.

]]>
http://www.tanyadok.com/adv/olahraga-untuk-kebugaran/feed/ 0