Makan Larut Malam Tidak Sehat! Tanya dokter, gratis konsultasi. Cari rumah sakit dokter klinik. Artikel kesehatan anak ibu hamil wanita cantik penyakit jantung diet sehat langsing fitness

Makan Larut Malam Tidak Sehat!

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Sudah sering kali dengar kata-kata itu dari para ahli kesehatan? Ya, makan larut malam tidaklah sehat. Masih berani bandel dan tetap makan di tengah malam untuk mengemil? Berikut beberapa dampak yang terjadi pada orang yang suka makan larut malam, seperti dilansir Livestrong dan Ehow, Jumat (25/5/2012):

1. Berat badan anda akan naik!

Sebetulnya karena jenis makanan yang kita pilih. Orang yang makan tengah malam cenderung makan cepat saji seperti burger, pizza atau makanan berminyak dan berlemak, bukan buah atau sayuran. Selain itu, jika Anda makan lebih malam tentu saja perut lebih lapar dari biasanya, sehingga makan pun dengan porsi yang lebih besar.

2. Hati-hati gejala depresi

Nighttime Eating Syndrome (NES atau sindrom makan malam hari) merupakan salah satu gejala penyakit depresi. Kecendrungan makan larut malam ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Orang dengan NES makan sebagian besar kebutuhan kalori setelah jam 6 sore,  dan biasanya melibatkan gula dan karbohidrat, yang merupakan makanan pemicu rasa nyaman sehingga dapat mengobati diri sendiri, menurut Dr. Michael Craig Miller dari Harvard Health Publications.

3. Mengganggu tidur

Makan makanan pedas larut malam dapat menyebabkan rasa panas, mulas dan gangguan pencernaan pada hari berikutnya. Makan makanan yang mengandung lemak saat larut malam dan 3 jam sebelum tidur dapat membuat sistem pencernaan Anda terus bekerja sepanjang malam dan dapat mengganggu tidur.

4. Resiko diabetes!

Gula dan insulin akan mengalami kesulitan berinteraksi satu sama lain setelah periode kelaparan. Periode kelaparan ini dapat muncul akibat anda menghindari makanan pada jam makan malam normal dan lebih memilih makan pada larut malam.

 

Sumber: DetikHealth

Dokter Umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kelas Internasional, angkatan 2005.

Related Posts

Diet Mencegah Batu Ginjal

Diet Mencegah Batu Ginjal

SLIDESHOW : 9 Makanan yang oke dan tepat bagi Penderita Flu !

SLIDESHOW : 9 Makanan yang oke dan tepat bagi Penderita Flu !

Mari Berpesta Malam Tahun Baru dengan Sehat!

Mari Berpesta Malam Tahun Baru dengan Sehat!

Diet Penderita Diabetes Tak Harus “Menderita”

Diet Penderita Diabetes Tak Harus “Menderita”

Cegah Diabetes Mulai Hari Ini!

Cegah Diabetes Mulai Hari Ini!

Related Posts

Diet sehat bagi penderita Asam Urat : Makanan Rendah Purin

slmt pagi, sayuran dan buah apa yg aman utk pender...

Diet untuk penderita kolesterol dan asam urat

dok, mau minta saran diet untuk penderita kolester...

Kehilangan nafsu makan

Dokter, Saya merencanakan untuk diet 2 minggu yang...

Mengatasi kegemukan

Saya laki-laki berusia 22 tahun. Saat ini saya sed...

Mengecilkan Bokong

Dok, saya laki-laki. Bagaimana cara mengecilkan bo...