Mendeteksi Dini Kanker payudara dengan USG

  Tanya dokter gratis video chat call. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Kanker payudara atau tumor payudara seringkali menjadi momok bagi kaum wanita, sehingga deteksi dini adalah pencegahan yang paling baik selain menerapkan pola hidup yang sehat. Deteksi dini yang paling mudah dilakukan adalah dengan teknik SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) , di mana pemeriksaan ini dilakukan di luar masa menstruasi di depan cermin. Pemeriksaan ini mulai dapat dilakukan sejak seorang wanita berusia 20 tahun.

Selain teknik SADARI, pemeriksaan radiologi dengan mammografi juga dapat digunakan. Meskipun dulunya pemeriksaan ini kurang nyaman karena payudara akan ditekan oleh alat guna mendapatkan gambaran kelenjar susu yang lebih jelas, namun dengan teknologi yang terkini, alat mammografi hanya melakukan penekanan yang secukupnya sehingga tidak lagi menyakitkan. Pemeriksaan mammografi dianjurkan bagi wanita berusia di atas 40 tahun dan yang berisiko tinggi seperti gemuk, memiliki riwayat kanker di dalam keluarga. Pemeriksaan ini dapat dilakukan setiap 2 – 3 tahun sekali. Dan jika telah berusia di atas 60 tahun dapat dilakukan setiap 1-2 tahun.

Pemeriksaan penunjang lain yang dapat dilakukan adalah USG payudara. Pemeriksaan USG ini memiliki teknik pemeriksaan kandungan. Keuntungan dari pemeriksaan ini adalah USG dapat memeriksa payudara yang padat, sehingga pemeriksaan ini dapat dilakukan  pada wanita yang lebih muda (usia 30 tahun) . Pemeriksaan USG juga dapat ditambahkan selain pemeriksaan Mammografi guna mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Nah, bagi sobat TDA yang berusia muda, jadi selain teknik SADARI, pemeriksaan USG payudara dapat menjadi pemeriksaan yang cukup baik untuk deteksi dini kanker payudara. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber :

- USG dapat deteksi risiko kanker payudara. Kompas. 2012 Apr 11. Hal 14

- Anna,LK.  Lebih Akurat deteksi kanker payudara [Online]. [2010 Okt 9] [cited 2012 Apr 16] ; [1 screen]

Available from : URL : http://health.kompas.com/read/2010/10/09/10032820/Lebih.Akurat.Deteksi.Kanker.Payudara

Avatar of Nelson Sudiyono, dr.
1. Staff Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran UNIKA ATMAJAYA 2. Praktek Dokter Umum : Apotek MK Pluit Jl Pluit Karang Jelita (Muara Karang) Blok Y5 No 5A Senin s/d Jumat Pk 17 - 21

Related Posts

Kanker Kandung Kemih

Kanker Kandung Kemih

Deteksi Dini Kanker Mata Pada Anak

Deteksi Dini Kanker Mata Pada Anak

Serba Serbi Leukemia

Serba Serbi Leukemia

Retinoblastoma

Retinoblastoma

Serba Serbi Kanker: Apa Sih Kanker Itu?

Serba Serbi Kanker: Apa Sih Kanker Itu?

Related Posts

Gejala BAB Hitam, Apakah Kanker Usus ?

Dok, klau BAB bewarna HIjau itu kenapa ? Apa itu b...

Tumor Payudara Apakah Berbahaya ? Adakah Pengobatan Tanpa Operasi?

selamat pagi teman” dan dokter. saya mau nanya ttg...

Menderita Penyakit Multiple Myeloma apakah bisa sembuh total

Dokter, papa saya umur 55 tahun terkena penyakit m...

Benjolan kecil di payudara , apakah tumor ?

Saya mau tanya dok, Di payudara saya sebelah kanan...

Hasil USG mammae

Dokter saya ingin menanyakan arti dari hasil USG M...