Bahaya Terlalu Sering Minum Obat Pencahar

Banyak orang yang mengalami sembelit menjadi sangat bergantung pada obat pencahar (laksatif) untuk mengatasi masalah mereka. Padahal sebenarnya jarang sekali orang sampai memerlukan obat pencahar secara teratur, apalagi setiap hari. Obat pencahar justru akan membuat sembelit makin hebat.

Bila diminum secara berlebihan, obat pencahar bisa membuang vitamin dan nutrisi lain yang diperlukan sebelum terserap sepenuhnya. Obat pencahar juga bisa menimbulkan pengeluaran air, sodium, potasium secara berlebihan. Di samping itu, kebiasaan memakai obat pencahar cenderung memperlemah otot-otot usus dan mengurangi daya fungsinya.

Akibatnya, sekali Anda berhenti minum obat pencahar secara teratur, sembelit bukan saja muncul kembali melainkan akan semakin buruk. Pemakaian obat pencahar secara berlebihan dapat menimbulkan sindrom malas buang air besar (BAB). Kondisi ini membuat usus gagal berfungsi secara benar karena usus jadi bergantung pada obat pencahar untuk melakukan tugas pembuangan itu.

Untuk mengatasi sembelit, minum sedikitnya 8 gelas air setiap hari. Secara bertahap tambahkan serat dalam makanan dengan lebih banyak makan buah dan sayuran segar. Lakukan latihan fisik secara teratur karena olahraga akan membantu merangsang kontraksi BAB.

Luangkan waktu-waktu tertentu setiap hari untuk melakukan BAB, sekalipun Anda tidak ingin melakukannya. Anda harus berupaya melakukan gerakan BAB agar usus semakin terlatih.

Sumber :

www.kompas.com

Artikel Terkait


Faktor Penyebab pasien mengalami Konstipasi

Tommy Supit, dr.

Konstipasi, kenapa ya?

Tommy Supit, dr.

Aksi Lancar - Mengajak Masyarakat Peduli Kesehatan Saluran Cerna

Claudia Anggi, dr

Obat kutil kelamin

Aryo Pradito, dr.