Vagina berdarah sehabis berhubungan

saya pernah berhubungan dengan pacar saya selama 3 kali.. setiap kali berhubungan selalu berdarah vagina saya, sampai sekarang saya mengalami keputihan, biasanya keputihannya cair banget… sekarang jadi kental banget..
dan ada bau asamnya dok…
ada masalah apa ya sama vagina saya?
kebetulan, saya pengen cepat punya anak..

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Keputihan adalah keluarnya cairan kental berwarna putih kekuningan berlebih yang berasal dari kemaluan wanita, keputihan dapat dikatakan normal apabila wanita sedang dalam masa kehamilan dan pada saat wanita memasuki masa pubertas. Keluarnya cairan putih kekuningan tersebut berfungsi untuk menjaga keasaman dari vagina. hal ini dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen, stress pikiran, aktifitas fisik yang berlebih, juga asupan nutrisi.

Apabila seorang wanita tidak menjaga kebersihan atau higiene kewanitaannya, maka keputihan tadi bisa menjadi media pertumbuhan bakteri dan jamur. Dimana memberikan gejala, gatal, cairan berubah warna dari putih kekuningan menjadi hijau, atau jumlahnya semakin bertambah banyak, cairan berbau, sampai demam.

Perdarahan setelah berhubungan dapat menjadi tanda berbagai penyakit, mungkin hanya lecet karena gesekan, adanya peradangan di dalam kewanitaan, sampai yang perlu diwaspadai yaitu kanker serviks dimana ditandai perdarahan abnormal dari vagina, sehabis berhubungan, perdarahan diantara siklus haid, keputihan kental berwaran putih kekuningan, nyeri saat berhubungan, nyeri daerah perut bawah, gangguan berkemih.

Apabila keluhan masih menetap dan mengganggu, anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya bila diperlukan, seperti USG perut dan PAP smear. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait


Mengapa Imunisasi Harus Sesuai Jadwal?

Ariani Dewi Widodo, SpA.

Pertolongan Pertama saat Travelling!

Maria Irene Hendrata

Sabun Mandi Untuk Miss V? Sebaiknya Tidak!

Harry Kuncoro

Mitos Seks dan Kehamilan

TanyaDok.com