Tumbuh Daging Keras di Penis, Kutil Kelamin?

Saya usia 44 tahun, jarang berhubungan seks karena kesibukan kerja dan sering berjauhan dengan istri. Tetapi sebulan yang lalu di leher kelamin saya ada tumbuh daging yang keras, bagian atasnya juga berwarna hitam. Pernah saya olesi obat kutil cair dari apotik, dan sekarang bila mandi dengan air hangat bisa mengelupas tapi belum habis betul. Bagian atasnya yang hitam saya tarik dan lepas sampai berdarah. Apakah ini juga kutil kelamin? Saat ini bagian yang hitam dan keras sudah tinggal sedikit karena sering saya tarik (kelupasin).

Saya juga pernah berhubungan dengan istri tanpa kondom saat kutil itu sedang besar. Apakah bisa menular ke istri? Kalau ya bagaimana mengatasinya? Terima kasih.

 

Jawaban Dokter :

salam sehat,
sebelumnya harus dipastikan dahulu apakah ini kutil kelamin atau tidak, biasanya kutil berwarna merah seperti jengger ayam jadi kalau hitam rasanya penyakit lain. untuk memastikan sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar pengobatan sesuai dengan penyebab.
selama dalam pengobatan sebaiknya anda menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dan menghindari penggunaan alat mandi bersama.
semoga membantu

Artikel Terkait