Tidak bisa gemuk

Dok, saya berumur 21 tahun, makan saya banyak, olahraga juga sering, tapi kenapa badan saya tidak bisa gemuk? apa yang menyebabkan badan tetap kurus?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Apabila dalam kondisi yang prima, dan tidak menderita penyakit lain, bisa saja anda termasuk orang yang mempunyai metabolisme yang baik dan aktif. Batasi olahraga yang ringan, tidak perlu melakukan olahraga kardio seperti lari berat. Melakukan permainan 1-2 game basket, sepak bola, tennis, bulu tangkis, atau semacamnya sudah cukup. Jika anda melakukan olahraga terlalu berat maka juga dapat membakar kalori yang banyak.

Makan banyak tidak menjamin anda akan menjadi gemuk. Pastikan gizi anda seimbang, makan 4 sehat 5 sempurna, cukup protein dan karbohidrat. Jangan mencoba sengaja makan makanan berlemak, karena orang kurus pun bisa mempunyai kadar lemak dalam darah yang berlebihan.

Anda dapat memeriksa apakah anda terlalu kurus atau tidak dengan menghitung indeks masa tubuh (IMT), rumusnya adalah berat badan dibagi tinggi badan (dalam meter). Nilai normal adalah 18.5–24.9. Jika kurang dari 18.5 maka tandanya anda terlalu kurus.

Jika masih berminat untuk meningkatkan berat badan, dapat mengunjungi dokter spesialis gizi.

Semoga membantu, terimakasih.

Artikel Terkait


Berat badan anak tidak mau naik, mengapa?

Renie Indriani, dr.

Berat badan anak tidak mau naik

Renie Indriani, dr.

Ukuran Mr. P Bisa Dilihat Dari Jari Tangan Pria

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Penyakit Hashimoto

Irene Trisbiantara, dr.