Tes Kesuburan Pasutri

Dok, sebelum menikah kita tidak melakukan tes kesuburan, dan sekarang sudah 7 bulan pernikahan. Tapi masih belum ada tanda kehamilan, dan hampir setiap hari kita berhubungan. Sebaiknya kapan waktu yang tepat untuk memeriksa kondisi kesuburan kita, dan biasanya prosedurnya seperti apa untuk tes kesuburan itu? Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Diagnosis kemandulan, atau infertilitas baru dapat ditegakkan setelah sebuah pasangan suami istri tidak bisa mendapat keturunan setelah menikah & mencoba selama 1 tahun.

Penyebab infertilitas bisa dari pihak istri, maupun suami. Dari pihak istri misalnya apabila ada masalah dengan siklus menstruasi (hormonal), atau kelainan anatomis mulai dari liang vagina, rahim, sampai saluran indung telur dan indung telur. Sedangkan dari pihak suami bisa karena kualitas dan jumlah dari produksi sperma. Kebiasaan seperti minum alkohol, merokok, obat-obatan, atau penyakit infeksi juga turut mempengaruhi fertilitas.

Diagnosa infertilitas biasanya baru bisa ditegakan setelah satu tahun pasangan tetap tidak dikaruniai anak padahal sudah rutin melakukan hubungan intim (minimal 3 kali dalam seminggu). Biasanya 92% pasangan memiliki anak dalam 2 tahun perkawinan. Jadi sobat dapat memeriksakan diri setelah satu atau dua tahun menikah apabila belum dikaruniai keturunan.

Prosedur pemeriksaan pada laki-laki pada umumnya berupa analisa sperma, sedangkan pada wanita dilakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa kadar hormon estrogen dan progesteron dapat juga dilakukan pemeriksaan TORCH untuk mendeteksi adanya infeksi serta pemeriksaan USG untuk menilai anatomi dari organ/ saluran reproduksi.

Sekian jawaban saya, semoga membantu. Terima Kasih.

Semoga membantu,
Terimakasih

Artikel Terkait


Feromon, Si Hormon Cinta Anda

Hygiena Kumala Suci, dr.

Jatuh cinta adalah hal yang indah dan menyenangkan dan tahukah anda bahwa feromon berperan dalam menimbulkan percikan tersebut? Apa itu feromon?

Ternyata, Pria Juga Mengalami "Menopause"!

Arie A. PoLim, dr., Sp.OG, K-FER,D.MAS

Mengurangi Hormon Androgen

Heidy, dr.

Infertilitas karena haid tidak teratur?

Lucky Aninditha, dr.