terapi untuk batu ginjal

sy bingung dok,sy sdh 1 thn menderita batu ginjal, ukuran batu nya 1cm ,minggu ini sy ke rumah sakit c, discan lg, batunya bertmbh besar, sy bingung, apakah sdh saatny dioperasi? dan cara apakah yg  hrs sy jalani, dgn cara teknologi
kejut ato dioperasi?minta saran dokter ya?!thanks

Jawaban Dokter :

Penatalaksanaan pasien dengan batu ginjal sangat tergantung dari beberapa hal untuk menentukan jenis terapi apa yang harus diterima.
Misalnya tergantung dari besar batu, lokasi batu (disaluran kencing atau diginjal), ada infeksi sekunder atau tidak, jenis batu, sumbatan total atau parsial saluran kencing, batu bertambah besar atau tidak setelah diberi obat, dll.

Biasanya operasi merupakan pilihan terakhir, jika dengan diit yang benar,obat - obatan, ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)/ teknologi kejut, ureteroscopy, atau percutaneous nephrolithotomy tidak berhasil. Sebab operasi tentu saja mempunyai resiko yang lebih besar daripada pengobatan lain yang kurang invasif.

Untuk mengetahui terapi yang tepat untuk batu ginjal anda lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter urologi, agar pengobatan dapat disesuaikan dengan kondisi saudara.

Semoga membantu.

Artikel Terkait


Darah dalam Urine

Nelson Sudiyono, dr.

Mendadak Kencing Berdarah

Leonita Hartanti, dr.

Tatalaksana pada batu ginjal

Hygiena Kumala Suci, dr.

Operasi lipatan mata

Andreas Erick Haurissa, dr.