Telat haid 1 bulan tapi tes kehamilan negatif, kenapa ya?

Dok istri saya telat menstruasi selama 1 bulan terakhir ini. Kami telah melakukan tes menggunakan tes pack setiap minggu selama 1 bulan ini namun hasilnya negatif. Belakangan ini istri saya seperti mens namun hanya bercak berwarna coklat dan sangat sedikit. Mohon penjelasannya dok ada apa dengan istri saya?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Test pack umumnya memiliki keakuratan yang cukup tinggi, sekitar 99%, walaupun ada risiko 1% kesalahan diagnosis. Namun mengingat istri Anda sudah mencobanya selama 4 kali, kemungkinannya memang istri Anda sedang tidak hamil.

Untuk bercak berwarna coklat, ini bisa merupakan menstruasi, walaupun memang bisa juga ada kemungkinan lain. Selama sebulan ini, apakah istri Anda pernah mengalami menstruasi kembali? Kadang seorang wanita dapat mengalami gangguan hormon yang bisa disebabkan banyak hal, termasuk faktor stres dan emosional. Gangguan ini bisa menyebabkan gangguan menstruasi seperti yang istri Anda alami.

Selama tidak ada keluhan lain dan menstruasi lancar kembali bulan berikutnya, Anda tidak perlu khawatir. Gangguan hormon dapat membaik dengan sendirinya, terutama bila penyebab utamanya teratasi.

Semoga membantu.

Artikel Terkait


Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr

Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr

Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr