Suntik KB dapat menyebabkan kanker mulut rahim dan osteoporosis ?

Saya sudah ikut KB suntik selama 7 tahun dan tidak pernah mens. Apakah benar jika suntik KB lebih dari 5 tahun itu bisa menyebabkan kanker servic dan Osteoporosis?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pemakaian KB dalam waktu lama memang benar dapat meningkatkan resiko dari kanker serviks, namun penelitian mengatakan penggunaan pil KB atau kontrasepsi oral yang dapat meningkatkan resiko dari adenocarcinoma pada serviks, bukan suntikan KB. Serta dapat meningkatkan kemungkinan anda terkena osteoporosis karena penggunaan suntik KB maupun oral (pil KB) dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh anda.

Anda perlu mengenal tentang kanker serviks, gejalanya yaitu perdarahan setelah berhubungan seksual, perdarahan ditengah dua siklus haid, perdarahan haid yang banyak, perdarahan setelah menopause (berhenti haid), keputihan berwarna kekuningan, nyeri bagian bawah perut, nyeri saat berhubungan seksual, gangguan berkemih. Faktor resiko terkena penyakit ini seperti beraktifitas seksual dini, tertular virus penyebab kanker serviks, berganti pasangan, perokok, pemakaian kontrasepsi oral dalam jangka waktu lama, atau pernah didiagnosis ada kelainan pada PAP smear.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Salam