Suamiku Oligoasthenoteratozoospermia

Salam sejahtera,

Dok saya sudah menikah 5,6 tahun suamiku di nyatakan OAT (oligoasthenoteratozoospermia). Saya juga mens tidak teratur kadang maju 1 minggu, kadang mundur. Sedangkan hasil analisa sperma
Jumlah sperma:19,5juta
Konsentrasi:5juta
Morfologi:3%
Bergerak cepat:0
Bergerak lambat:11%

Apa dengan hasil sperma seperti di atas saya masih bisa hamil secara alami dok? Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaannya.

OAT atau oligoasthenoteratozoospermia adalah keadaan dimana jumah sperma kurang (oligo), kurang dapat bergerak (astheno), dan bentuknya tidak sehat untuk membuahi ovum (terato). Keadaan ini memang bisa membuat pasangan tidak subur karena sperma kurang sehat untuk membuahi ovum.

Saran saya, coba periksakan diri Anda dan suami ke Androlog untuk dicari apakah ada faktor yang mendasari keluhan ini seperti infeksi, radang testis (orchitis), cedera pada testis, dan lainnya yang dapat mempengaruhi produksi sperma. Walaupun demikian terkadang kita pun tidak dapat mencari faktor risikonya.

Untuk itu saya sarankan untuk konsultasi langsung dan juga mendapatkan advis dokter secara langsung sebagai cara menangani masalah ini. Untuk dibantu kehamilan bisa saja dipertimbangkan seperti bayi tabung, namun tentu perlu pemeriksaan dahulu.

Untuk keadaan ibu, masa mens yang maju/mundur 1 minggu masih dapat dikatakan dalam batas normal.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Infertilitas karena haid tidak teratur?

Lucky Aninditha, dr.

Merokok Membuat Anda Tidak Subur

Albert Sudharsono, dr.

Buah Hati Tak Kunjung Datang! Tolong!

Gracia Dewi Indrawati, dr.

Anda telah lama menikah tapi belum memilki momongan ? Apa ini yang disebut tidak subur ? Apa yang sebaiknya saya lakukan ?

Meningkatkan kesuburan

Dewata Aprilia Marilyn, dr.