Sering Kesemutan Saat Bangun

Assalamualaikum…
Saya mau konsultasi mengenai penyakit saya yang baru baru ini datang. Gejalanya saya sering kesemutan saat bangun tidur terutama di lengan kiri dan kaki kanan. Dan apabila saya punya luka, luka nya membengkak dan berair .. ??
Apakah saya punya penyakit diabetes , tapi saya tidak mengalami gejala selalu buang air kecil

Mohon sarannya dan terapi nya ??
trim’ss

Jawaban Dokter :

Salam sehat,
Apakah sebelumnya anda pernah periksa darah di laboratorium, untuk kolesterol, gula, kekentalan darah? Apakah anda memiliki riwayat keluarga diabetes.
Untuk rasa kesemutan pada anggota gerak, bisa disebabkan karena masalah pada persyarafan & aliran darah. Karena bila darah berfungsi untuk mengantarkan nutrisi atau zat makanan ke semua jaringan, termasuk jaringan syaraf. Apabila aliran darah tidak lancar maka dapat timbul keluhan seperti kram, kesemutan, pegal ataupun sakit.
Untuk masalah luka yg membesar & berair, tergantung seberapa besar lukanya. Tetapi pada setiap luka terjadi reaksi peradangan seperti pembengkakan, perubahan warna kulit (kemerahan), cenderung lebih panas. Yang penting untuk dilihat adalah berapa lama luka itu sembuh, dan apakah sembuhnya sempurna (seperti kulit sedia kala atau justru seperti daging tumbuh/keloid).
Untuk gejala diabetes, seperti sering kencing, mengantuk, luka sukar sembuh, pada saat ini tidak selalu ada.
Semoga konsultasi ini berguna, salam sehat selalu.

Artikel Terkait


Patah tulang dan diabetes

Claudia Anggi, dr

Didiagnosa Hipoglikemia namun saya tidak menderita DM

Tommy Supit, dr.

Waspada Penggunaan obat Diabetes jika belum makan

ida.juita

Tangan kesemutan

Claudia Anggi, dr