Sering bergerak sendiri

selamat sore Bpk/Ibu Dokter yang terhormat, saya punya beberapa keluhan nih:
1. telapak kaki saya sering bergerak sendiri (seperti kedutan) tapi berlangsung terus menerus dan kadang mengganggu. saat ini jadi dua tempat, di jari telunjuk kanan saya, jadi jari telunjuk saya bergerak dengan sendirinya tanpa sadar.
2. tangan saya selalu berkeringat yang sangat banyak, terlebih kalo suhu dingin seperti di ruangan AC, bila ada gejala jantung, thn 2007 pernah general check up dan tidak ada apa-apa. Terimakasih

Jawaban Dokter :

Terimakasih atas Pertanyaannya

Terjadinya kedutan pada tangan atau kaki yang sering juga disertai rasa baal dan kesemutan menunjukkan kemungkinan adanya gangguan saraf. Gangguan tersebut dapat berupa penjepitan saraf; kekurangan nutrisi magnesium yang menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit sehingga otot menjadi kram dan mengalami kedutan ; pengaruh efek samping obat seperti obat diuretik,kortikosteroid, estrogen ; pengaruh kafein ; kelelahan otot karena digunakan secara berlebihan dan penyakit-penyakit berat seperti multiple sclerosis dan Amyotrophic Lateral Sclerosis. Jika kedutan ini muncul terus menerus mungkin sebaiknya diperiksakan ke dokter saraf untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan konduksi saraf, MRI saraf tulang belakang dan MRI otak.

Kemudian mengenai tangan yang selalu berkeringat, mungkin itu adalah kondisi hiperhidrosis yang ditandai dengan keringat berlebih. Hal ini bisa terjadi tanpa diketahui penyebabnya (idiopatik), bisa juga terjadi akibat kelainan metabolik , penyakit yang disertai demam, obat-obatan tertentu, alkohol, faktor emosi. Produksi keringat berlebih ini dapat terjadi akibat peningkatan aktivtas dari saraf simpatik atau akibat kelainan jumlah dan distribusi kelenjar keringat, atau pembuluh darah.

Untuk pengobatan terkadang memang tidak memuaskan.Ada beberapa jenis obat oles yang dapat digunakan seperti antikolinergik topikal,boric acid , asam tannic, resorcinol,kalium permanganat, aluminum chloride hexahydrate.

Obat minum umumnya juga golongna antikolinergik namun banyak efek samping. Obat lain adalah golong Penghambat Kalsium, obat sedative.
Terapi lain adalah iontophoresis , injeksi BOTOX , pembedahan saraf simpatik

Artikel Terkait


Hiperhidrosis Palmaris/Plantaris?

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Keringat Berlebih

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Keringat anak berlebihan

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Kaki dingin pada malam hari

Andreas Erick Haurissa, dr.