Selalu muntah di pagi hari

Dokter, saya pria berumur 31 tahun. Setiap pagi saya selalu muntah, karena belum sarapan, yang keluar adalah sesuatu cairan yang pahit. kadang putih, kadang kuning. kadang sebelum atau sesudah gosok gigi. say a juga mempunyai masalah dahak, kenapa saya sering muntah juga disebabkan karena ingin membuang dahak juga. penyakit apa ini? apa obatnya? terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sebelumnya kami minta maaf karena pertanyaan anda baru dibalas, dikarenakan gangguan server web kami.

Dari keluhan yang anda berikan kemungkinan anda punya penyakit GERD (Gastroesofageal Reflux Disease) adalah keadaan yang disebabkan oleh aliran balik asam lambung dan isi lambung lainnya ke esofagus (kerongkongan), dikarenakan kelemahan dari pelindung pada daerah antara lambung dan kerongkongan. Faktor resiko nya adalah kelainan otot jantung, kehamilan, perokok, penggunaan obat-obatan tertentu, peradangan, kegemukan, penggunaan pakaian terlalu ketat, sumbatan pada saluran cerna, tingginya kadar asam lambung, serta makan makanan tertentu.

Pasien dengan GERD biasa mengeluhkan rasa asam di mulut karena ada cairan yang balik dari lambung, nyeri di ulu hati (sensasi terbakar), serangan pada malam hari, sulit menelan, perdarahan saluran cerna, batuk - batuk lama, suara parau pada pagi hari, gigi bolong, dan sebagainya.

Tujuan terapi GERD tentu untuk menghindari terjadinya komplikasi, serta mengurangi keluhan. Tentu menghindari faktor resiko dan penyebab menjadi prioritas sebelum terapi menggunakan obat-obatan. Untuk mendiagnosis penyakit ini tentu diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti endoksopi oleh dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait


Penyebab sering mengalami gejala sesak dan nyeri dada

Leonita Hartanti, dr.

Tips dan Makanan yang baik bagi penderita maagh

Tommy Supit, dr.

Sering nyeri ulu hati dan BAB berdarah

Tommy Supit, dr.

Sakit maag dan kurang nafsu makan

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc