Segera hamil setelah operasi kista ovarium

Sebelumnya, terima kasih atas kesempatan ini, saya sangat menunggu jawaban dokter..
Saya sudah menikah hampir 3th dan bulan lalu (28 Agustus) saya menjalani operasi kista. Setelah dibedah, kesimpulan yang dapat diambil :
1. Di ovarium kiri terdapat kista yang ukurannya >7cm dan mengalami torsi (pelilitan) 2 kali dan solusinya ovarium kiri saya diambil keseluruhan.
2. Di ovarium kanan juga terdapat kista yang lengket tetapi kata dokternya hanya diambil kistanya saja, ovariumnya masih ada.

Yang sangat saya ingin tau saat ini:
1. Saya masih mengalami nyeri perut di bagian kiri bawah sama seperti saat saya sebelum operasi? kenapa ya dok?
2. Apakah benar ovarium saya di kanan masih bagus dan bisa mengeluarkan telur? atau ini hanya suntikan semangat dari dokter agar saya tidak terlalu khawatir? padahal kista saya yang di kanan lengket, mungkinkah ovarium kanan saya diambil sebagian atau bagaimana?
3. Apa yang bisa saya lakukan sekarang dok agar segera hamil? (dokter yang mengoperasi saya sudah meninggal beberapa hari yang lalu dan oleh dokter penggantinya dikatakan saya tidak perlu kontrol lagi)
4. Misalnya ada mu’jizat dari ALLAH SWT saya bisa hamil, apakah nanti proses persalinannya harus melalui operasi caesar?
Sekian dokter, Terima kasih banyak.

Jawaban Dokter :

Saya mencoba langsung jawab per point yang ibu tanya.
1. Nyeri pada perut bagian kiri bawah bisa karena saat operasi khan ada pengikatkan jaringan di sana dan biasanya memang akan nyeri. (proses penyembuhan). Tetapi kalau terus menerus sampai bbrp bulan ke depan tentu tidak benar/ normal.

2. Memang kalau seorang wanita yg belum ada anak dan ada dua kista, tentu bisa diangkat secara keseluruhan cuman satu, walau yg kedua biasa ada kelainan, biasa hanya diambil kista saja. Saya tidak tahu sejauh apa operasi yg dilaukukan tentu saya tidak bisa memberikan pandangan.

3. Ibu tentu bisa hamil lagi, bisa dengan bantuan bayi tabung (IVF) atau mau mencoba diinduksi juga bisa.

4. Operasi yg dilakukan hanya pada ovarium tentu tidak perlu dilakukan seksio sesarea pada persalinan nanti. Bisa normal kok.

Salam

Artikel Terkait


Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Lucky Aninditha, dr.

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Kista, Berbahayakah?

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc